Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Advertorial Perdana Hadiri HUT Kabupaten Lahat, Herman Deru Puji Angka Kemiskinan Mulai Menurun

Perdana Hadiri HUT Kabupaten Lahat, Herman Deru Puji Angka Kemiskinan Mulai Menurun

Tanggal : Pukul :
294
0
Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH MM saat tiba di Lahat. (Foto Istimewa)

Lahat, Detik Sumsel- 20 Mei 2019, Kabupaten Lahat genap berusia 150 tahun. Diusia 1,5 abad, Kabupaten Lahat sudah dipimpin 19 bupati, dan pasangan Bupati dan Wabup Lahat, Cik Ujang SH dan H Haryanto SE MM MBA, merupakan pemimpin ke-19 bagi Bumi Seganti Setungguan.

Suasana sidang paripurna HUT Kabupaten Lahat ke 150

Sekitar enam bulan memimpin atau sejak dilantik 9 Desember 2018 lalu, berbagai gebrakan terus dilakukan Cik Ujang-Haryanto, untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Lahat. Seperti berobat dan sekolah gratis, bagi warga lahat. Bahkan hanya dalam kurun waktu dua bulan, angka kemiskinan di lahat menurun. Jika sebelumnya diurutan ke 2, kini menjadi ke 3 di Sumatera Selatan.

“Berobat gratis sudah berjalan 100 persen. Seluruh warga lahat,  ridak perlu cemas lagi soal biaya, kalau lagi sakit,” kata Cik Ujang didampingi H Haryanto.

Ibu TP PKK Sumsel, Febrita Deru dan TP PKK Lahat, Lidyawati Cik Ujang

Bukan hanya itu, Cik Ujang yang merupakan pengusaha sukses juga politikus kawakan, dan Haryanto birokrat ulung, terus meluncurkan program pro rakyat. Cik Ujang-Haryanto juga meluncurkan asuransi kematian bagi masyarakat Kabupaten Lahat.

“Bagi warga, yang meninggal dunia, ahli waris menerima asuransi Rp 2 juta. Namun, bagi warga yang meninggal dunia lantaran kecelakaan, ahli waris akan menerima asuransi Rp 4 juta. Tentu saja program satu ini sangat membantu ahli waris,” tutupnya.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH memberikan cindramata kepada Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH MM
Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH MM foto bersama dengan seluruh anggota DPRD Lahat

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru SH MM mengatakan, 150 tahun bukan usia yang muda, Kabupaten Lahat tertua daripada kabupaten/kota lainnya.Terlihat dari megalit yang ada. Kearifan lokal, budaya masih berlaku, bahasa masih kental, sehingga tidak gengsi, budaya luar sulit untuk mengerus.

“Potensi Lahat ini, tidak hanya batubara. Melainkan lahan pertanian subur, juga etos kerja masyarakatnya. Saya salut dengan Cik Ujang-Haryanto, cukup dua bulan sudah bis turunkan angka kemiskinan,” ucap Herman Deru. (Adv/Heru)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here