Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Penyandang Disabilitas Apresiasi Pemkab OKI
Asisten Bidang Administrasi Umum Setda OKI HM Lubis, SKM., M.Kes memberikan uang pembinaan kepada salah satu penyandang disabilitas yang telah mengukir prestasi, Selasa (28/1/2020)

Penyandang Disabilitas Apresiasi Pemkab OKI

Kayuagung, Detik Sumsel — Penyandang disabilitas di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengapresiasi Pemkab OKI karena telah memberikan ruang untuk berkontribusi dalam membangun daerah.

“Terimakasih kami diberi kesempatan melalui bidang masing-masing,” kata Ketua Persatuan Penyandang Disibalitas Indonesia (PPDI OKI), M Ali Firdaus pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Persatuan Peyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) OKI, di Ruang Rapat Bende Seguguk I, Selasa, (28/01/2020).

Firdaus mengaku berkat dukungan Pemkab OKI pada tahun 2019 lalu, PPDI mengklaim telah mengharumkan nama baik OKI dalam berbagai bidang seperti olahraga.

“Ya, PPDI OKI sudah menyumbangkan 13 medali perak dan 15 perunggu di Paralympic Porpov Prabumulih lalu,” ujarnya.

Baca Juga :   Solid Ke Prabowo-Sandi, Mardiansyah Bantah Kader PAN Sumsel Membelot

Sementara itu, Bupati OKI melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Setda OKI HM Lubis, SKM., M.Kes mengatakan pemerintah memastikan bahwa para penyandang disabilitas memiliki hak sama dengan orang awam pada umumnya, termasuk dalam pekerjaan dan kewirausahaan, sebagaimana telah diatur dalam UU No 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Dia mengilustrasikan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), pemerintah memberi kesempatan sama bagi penyandang disabilitas.

“Salah satu kriteria yang dicantumkan pada penerimaan CPNS, yaitu tentang persyaratan pelamar disabilitas. Yang diperbolehkan (melamar) adalah penyandang disabilitas yang mengalami keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir (bukan disabilitas intelektual, mental, atau sensorik), dengan ketentuan mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi. Contohnya amputasi, celebral palsy (kelainan kongenital pada gerakan, otot, atau postur) dan orang kecil,” terang Lubis.

Baca Juga :   Ramai Didatangi Pengamen Asal Luar, Dinsos Lahat Tidak Bisa Bertindak 

Lubis juga mengapresiasi atas pembentukan DPC PPDI OKI ini. “Saya mengapresiasi pembentukan DPC PPDI OKI. Semoga atas terbentuknya Dewan Pengurus Cabang PPDI OKI bisa turut andil membawa kemajuan bagi Kabupaten OKI,” jelasnya.

Pada acara ini, Pemkab OKI memberikan bantuan pembinaan bagi atlet disabilitas yang berprestasi.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Darfian Mahar Jaya

Avatar

Check Also

Herman Deru Tunjuk Lima Pejabat Pemprov Jadi Pjs Bupati

Palembang, Detik Sumsel- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru hari ini menunjuk 5 pejabat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *