Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Musi Banyuasin
Beranda Ekonomi Penurunan Penumpang Moda Transportasi Capai 50 Persen Lebih

Penurunan Penumpang Moda Transportasi Capai 50 Persen Lebih

Tanggal : Pukul :
232
0
Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih
Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih (maya/detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Adanya kebijakan Pemerintah yang melarang moda transportasi baik darat, udara maupun laut, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 beberapa waktu lalu, secara tidak langsung berdampak dengan penurunan jumlah kunjungan salah satunya jumlah kunjungan pesawat udara  di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kapala Badan Pusat Statistik ( BPS) Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih mengatakan secara keseluruhan jumlah kunjungan pesawat udara yang datang di SMB II Palembang pada bulan april 2020 kemarin tercatat ada 289 penerbangan atau turun sebesar 83,66 persen dibandingkan bulan Maret 2020 sebelumnya.

Penurunan ini dikarenakan selama bulan April 2020 rute penerbangan komersial Internasional  diBandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang ditutup sementara karena pendemik Corona Virus menjadi penyebab penurunan tersebut.

Baca Juga :   Tingkatkan Kemampuan Perempuan, XL Kembangkan Program Sisternet

Ia menambahkan, penurunan jumlah pesawat tentu saja berimbas dengan jumlah penumpang angkuta udara yang datang di SMB II pada april kemarin. Selama April kemarin tercatat jumlah penumpang hanya 19,528 orang atau turun sebesar 83,667 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 119,490 penumpang.

Sedangkan untuk jumlah penumpang penerbangan domestik dibulan April turun sebesar 83,20 persen dibandingkan  Maret 2020 yang mencapai 116,244 orang.

“Kami mencatat selama bulan April memang terjadi penurunan penumpang yang terjadi diseluruh moda transportasi tidak hanya pesawat terbang, tapi juga moda transpportasi lainya,” jelasnya, melalui rilisnya Selasa (02/06).

Ia menambahkan, kondisi penurunan juga terjadi dibeberapa moda trasportasi lainya, seperti kapal laut, jumlah kunjungan kapal pada bulan April  2020 sebanyak 320 kunjungan kapal, yang terdiri dari 274 kunjungan kapal dari dalam negeri dan 46 kunjungabn kapal dari luar negeri. Jumlah kunjungan kapal baik dalam negeri maupun luar negeri mengalami penurunan sebesar 19,60 persen dibandingkan bulan Maret sebanyak 398 kunjungan.

Baca Juga :   Tampung Aspirasi Anggota Gapki Lewat Andalas Forum II

sedangkan untuk penumpang kereta Api di Sumatera Selatan yang datang  dan berangkat dibulan April sebanyak 14.979 orang atau turun 80,37 persen dibanding Maret  2020 yang mencapai 76,325 orang.

Endang menambahkan, pihaknya masih memiliki optimismen penurunan tersebut bisa diantisipasi, apalagi saat ini semua moda transportasi sudah jalan. Meski demikian diakuinya jika peningkatan tersebut akan berlangsung bertahap dan membutuhkan waktu yang agak lama, mengingat kondisi Covid-19 saat ini, yang melumpuhkabn sebagian perekonomian di Indonesia. (May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here