Detik
Pemprov
Rektor UIN Raden Fatah Palembang resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka.Mabigus) UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (25/2).

Pengurus Majelis Pembimbing dan Gugus Depan Basis UIN Rafa Resmi Dilantik

Palembang, Detik Sumsel- Bertempat di lantai 4 Gedung Perpustakaan Kampus B Jakabaring. Rektor UIN Raden Fatah Palembang resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka.Mabigus) UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (25/2).

Ketua Kwartir Cabang (Ka.Kwarcab) Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, S.H. yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Kwarcab, Ahmad Julinto, S.Pd., M.M. melaksanakan kegiatan pelantikan pengurus Majelis Pembimbing dan Pengurus Gugus Depan Palembang 10-091 dan Palembang 10-092 Basis UIN Raden Fatah Palembang Masa Bakti 2020-2023.

SK Pelantikan ditandatangani oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Palembang, diwakilkan oleh waka. Setelah Acara pelantikan ini Ka.Mabigus UIN Raden Fatah Palembang Siap Menyukseskan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XV Se-Indonesia Tahun 2021,” ujar Kakak Prof.Nyayu Khodijah.

Dalam Sambutannya Prof. Nyayu Khodijah Selaku Ka.Mabigus UIN Raden Fatah Palembang, menyampaikan ribuan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Kwarda Sumatera Selatan dan Ketua Kwarcab Kota Palembang atau yang mewakili pada hari ini telah menyempatkan hadir, kepengurusan yang dilantik hari ini adalah hasil dari Musyawarah Gugusdepan yang telah dilaksanakan pada akhir tahun 2020 yang lalu, dan ini juga merupakan agenda rutin yang setiap 3 tahun sekali dilaksanakan oleh Gugusdepan UIN Raden Fatah Palembang.

“Secara bertahap tetapi pasti, citra dan kinerja Gerakan Pramukadi Indonesia tampak makin membaik. Minat kaum muda terhadap Gerakan Pramuka tampak makin meningkat. Bersamaan dengan itu perbagai kegiatan kepramukaan telah semakin banyak menghasilkan kader-kader pramuka yang potensial untuk tercapainya visi dan misi Gerakan Pramuka, yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia pada masa depan, berbagai keberhasilan ini tentu harus dapat dipertahankan dan bahkan semakin lebih ditingkatkan,” jelasnya.

Baca Juga :   Jika Selesai Tol Kayuagung-Bakauheni Ditempuh 4 Jam

Masih menurut Ka.Mabigus UIN Raden Fatah bahwa “Keberadaan gugusdepan yang berpangkalan di perguruan tinggi, khususnya di UIN Raden Fatah Palembang tentu dibentuk untuk mewujudkan visi dan misi Gerakan Pramuka tersebut.

“Pelaksanaan pendidikan kepramukaan di UIN Raden Fatah secara tidak langsung juga mengambil peranan penting dalam rangka meningkatkan Penghayatan dan Pengamalan nilai-nilai Kepramukaan berupa Satya dan Darma Pramuka kepada adik-adik pramuka UIN Raden Fatah Palembang sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi kader pemimpin bangsa yang tangguh pada masa depan,” ujarnya.

Selanjutanya Kwarda Sumsel melalui Wakil Sekretaris, H. Ampriyadi, M.Pd.I minta kepada Kak Nyayu Khodijah yang baru saja dilantik untuk dapat meningkatkan Program kursus Mahir Dasar di Pangkalan Pramuka Basis UIN Raden Fatah.

Menurut Ampriyadi bahwa perjalanan selama 30 tahun gugusdepan ini “Alhamdulillah telah banyak hasil dan karya yang tercipta. Di bidang Organisasi, Regenerasi organisasi berjalan dengan baik dan memuaskan, hal ini dibuktikan dengan didapatnya penghargaan sebagai salah satu Gugus depan Perguruan Tinggi Tergiat di Sumatera Selatan yang diberikan oleh kwartir Daerah Sumatera Selatan pada tahun 2018 yang lalu, dan di tahun kemarin (2020) Gugusdepan UIN Raden Fatah menjadi satu-satunya gugusdepan perguruantinggi di Kota Palembang yang mengikuti penilaian akreditasi gugusdepan.” Ujar H. Ampriyadi.

Baca Juga :   Babinsa Istirahat di Rumah Ketua RT

Di Akhir acara Ketua Kwarcab Kota Palembang melaui Wakil Ketua Kwarcab Kota Palembang, Ahmad Julinto menyampaikan permohonan maaf dari ketua Kwarcab yang secara fisik tidak dapat hadir, namu semoga pelantikan ini tidak mengurangi nilai dan makna.

“Bahwa kaderisasi organisasi juga berjalan dengan baik dan memuaskan. Pembinaan yang berkelanjutan digugus depan UIN Raden Fatah Palembang telah menghasilkan ribuan alumni pramuka UIN Raden Fatah yang kini tersebar di berbagai daerah, banyak alumni yang masih mengabdikan dirinya dalam Gerakan Pramuka dan menjadi Andalan/Pelatih di beberapa Kwartir Cabang di Sumatera Selatan.”
Semoga Jalinan kerjasama akan terus terbina dan kami juga berharap ada sinergi yang kuat antar lembaga pendidikan yang diikat melalui Gerakan Pramuka di UIN Raden Fatah.

“Sejak tahun 2014 yang lalu, di setiap tahunnya gugusdepan UIN Raden Fatah Palembang berhasil mencetak Pramuka-Pramuka Garuda, dimana predikat Pramuka Garuda merupakan prestasi tertinggi bagi peserta didik yang telah melalui proses seleksi di kwartir Cabang. Dan insya Allah di tahun ini, selain Pramuka Garuda akan ada kader terbaik gugusdepan untuk menjadi Pramuka Teladan Tingkat Kwartir Nasional,” ujar Wakil Ketua Kwarcab. (Humas UIN RaFa)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Deby

Avatar

Check Also

Gencarkan Pembangunan Kampus Hijau Berkelanjutan Ditengah Pandemi

Palembang, Detik Sumsel- Pimpinan UIN Raden Fatah memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan pembenahan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *