Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Pengolahan Limbah Medis RSUD Lahat Diawasi
Pengolahan Limbah Medis RSUD Lahat Diawasi

Pengolahan Limbah Medis RSUD Lahat Diawasi

Lahat, Detik Sumsel — Merujuk pada PP No 101 tahun 2014, tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Dinas Lingkungan Hidup Lahat, fasilitasi pembinaan dan pengawasan, terkait pengelolaan limbah B3 berupa limbah medis infeksius, dan patogen di RSUD Lahat.

Kepala DLH Lahat, Misri, melalui Kabid LB3 Lahat, Budi Utama mengatakan, dari hasil pertemuan pihaknya bersama Direktur RSUD Lahat. RSUD Lahat saat ini telah menghentikan pembakaran limbah medis dengan insinerator (tempat pengolahan limbah medis-red). Karena belum mengantongi izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Baca Juga :   Bukan Hanya Produk Unggulan, Besemah Expo Hadirkan Pentas Seni Rakyat

“Untuk pengolahan limbah B3, RSUD Lahat telah bekerjasama dengan pihak transportir dan pengolah limbah B3 yang telah memiliki izin,” kata Budi, Sabtu (1/9).

Kasi LB3 DLH Lahat, Eddy Suroso menjelaskan, karena tidak ada izin penggunakan insinerator, limbah B3 RSUD Lahat yang ada saat ini disimpan di tempat penyimpanan limbah B3, yang telah mmengantongi izin dari Dinas PM&PTSP Lahat. Untuk pengangkutan pengolahannya diperkirakan minggu depan, sebanyak kurang lebih 550 kg limbah medis.

“Hingga September 2018 nanti, kami akan melakukan pembinaan dan pengawasan secara aktif, terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Lahat,” jelas Eddy.

Baca Juga :   Lidyawati: Saya Tidak Bisa Tidur, Terus Kepikiran Korban Banjir

Disisi lain, Direktur RSUD Lahat, dr Hj Laela Cholik MKes mengatakan, RSUD Lahat berkomitmen akan selalu taat terhadap pengelolaan lingkungan hidup. Setelah mendapatkan surat dari Sekda beberapa waktu lalu, pihaknya sudah tidak menggunakan insinerator untuk membakar limbah medis.

“Kami berterima kasih DLH Lahat mau memberikan bimbingan dan arahan. Kita berkomitmen akan terus taat dengan aturan, terkait limbah medis ini,” katanya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Stop Program Jaksa Sahabat Desa, Massa SPM Demonstrasi ke Kejari dan DPRD OKI

Kayuagung, Detik Sumsel — Puluhan masyarakat mengatasnamakan diri dari Serikat Pemuda dan Masyarakat (SPM) Sumsel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *