Detik
Ketua Bawaslu lahat Andra Juarsyah Spd Mpd, saat acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif. Foto Heru/DS

Pengawasan Rendah, Pemilu di Lahat Rawan Pelanggaran

Lahat, Detik Sumsel — Masih rendahnya pengawasan partisipatif terhadap pemilihan umum di Kabupaten Lahat, rupanya berdampak pada tingginya pelanggaran pemilu.

Untuk itu, Bawaslu Lahat berharap media massa mampu memberikan sosialisasi dan informasi terkait pemilu. Sehingga meningkatkan peran masyarakat selaku pengawasan partisipatif.

“Hasil evaluasi, indeks pengawasan partisipatif di Lahat masih rendah. Untuk itu kita harapkan peran media bisa membantu mensosialisasikan tahapan pemilu ke masyarakat,” ujar Ketua Bawaslu lahat Andra Juarsyah Spd Mpd, saat acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, dengan awak Media, di Grand Zuri Hotel Lahat, Selasa (6/11).

Baca Juga :   Literasi Bahaya Narkoba, Ini Dilakukan BNNK OKI

Lanjutnya, bentuk pengawasan partisipatif oleh masyarakat beragam. Misalnya saat ini proses DPT HP, masyarakat diharapkan agar aktif melihat apakah namanya terdaftar atau tidak. Kemudian jika menemukan bentuk- bentuk pelanggaran, bisa dilaporkan ke Bawaslu, pengawas kecamatan hingga tingkat kelurahan/desa.

“Kalau masyarakat menemukan bentuk pelanggaran, jangan didiamkan dan bertindak sendiri, laporkan ke kita,” kata Andra, sembari mengingatkan tata cara iklan kampanye di Media Massa serta bentuk pelanggarannya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Kembangkan Optimalisasi Destinasi Wisata, Kecamatan Teluk Gelam Gelar Pelatihan UP2K

Kayuagung, Detik Sumsel — Pemerintah Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten OKI melaksanakan pelatihan Upaya Peningkatan Pendapatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *