Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Liputan Khusus Pengamat: Warga Jangan Takut

Pengamat: Warga Jangan Takut

Tanggal : Pukul :
368
0
Bagindo Togar

Lipsus, Detik Sumsel– Pengamat Sosial Fisip Unsri, Bagindo Togar memandang, pungli di lingkungan pelayanan publik di Sumsel belum terlalu banyak terungkap. Menurutnya, pungli adalah perbuatan tindak pidana yang biasanya dikaitkan dengan seseorang yang memiliki wewenang atas suatu tugas jabatan publik.

“Pungli bisa disamakan dengan tindak pidana lainnya seperti pemerasan, suap maupun korupsi. Tapi praktik pungli biasanya terjadi pada tataran pejabat menengah ke bawah serta petugas yang lansung berhadapan kepada masyarakat umum, sebagai pihak yang wajib dilayani oleh oknum pejabat atau petugas lapangan tersebut,” jelasnya kepada Detik Sumsel.

Baca Juga :   Bulog Klaim Stok Beras dan Gula Aman

Perilaku pungli, kerap disebabkan oleh jauhnya pengawasan oleh atasan atau lembaga yang berhubungan langsung atas fungsi serta wewenang oknum pelaku pungli, aspek kultural, sifat money oriented dan perilaku konsumtif dari petugas atau oknum tersebut.

“Untuk itu lembaga pemerintah yang seyogyanya dituntut untuk melayani publik secara baik juga prima, agar lebih selektif dalam menempatkan para pegawainya di bidang yang tinggi frekuensi pertemuannya kepada rakyat serta memberi output kerja yang memberi kepuasan maupun menjaga integritas institusi pemerintahan,” jelasnya.

Baca Juga :   Internet Pengaruhi Politik dan Demokrasi

“Menciptakan kondisikan bagi petugas pemerintah harus patuh dengan hukum, fungsi pengawas internal dan eksternal agar pratek pungli tidak berkembang, kemudian untuk masyarakat diharapkan tidak memancing petugas untuk melakukan pungli, diharapkan masyarakat tidak takut untuk menyebarkan atau mengadu terkait pungli,” pungkasnya.(fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here