Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Pengamat Pertanyakan Urgensi Bantuan Dana Parpol

Pengamat Pertanyakan Urgensi Bantuan Dana Parpol

Tanggal : Pukul :
446
0
Pengamat Politik Sumsel dari Forum Demokrasi, Bagindo Togar Bb

Lipsus, Detik Sumsel- Pengamat politik Sumsel, Bagindo Togar Bb mempertanyakan alasan yang paling rasional dan urgensi kenaikan bantuan dana Parpol yang meningkat signifikan mencapai 200 persen.

“Faktanya tidak berbanding lurus dengan kinerja partai politik terhadap pendidikan politik masyarakat, pemberdayaan atau peningkatan partisipasi politik, perumusan kebijakan dan peningkatan kualitas demokrasi,” kata Bagindo saat dimintai pendapatnya, Jum’at (19/10).

Menurut mantan ketua IKA Fisip Unsri ini, selama rakyat atau warga nyaris hanya diposisikan sebagai objek atau komoditas politik semata. Sekretariat atau kantor parpol hanya terlihat riuh aktifitasnya tatkala bila ada Pilkada, Pileg atau Seremoni rutin internal Parpol semata.

“Sangat mendesak untuk dilakukan kajian akademik, bahwa kebijakan pemerintah dalam menaikkan “subsidi” dana Parpol akan berpengaruh efektif atas peningkatan kualitas pendidikan politik warga,” bebernya.

Menurut Gindo, bantuan ini lebih kepada keberpihakan elite Parpol untuk kepentingan kelompok maupun Kader-kadernya saja. Dimana peran, tanggung jawab serta tanggung jawab publikanya.

Baca Juga :   ‘Lapang’ Parpol di Palembang, Dana Bantuan Meroket Rp4.600 Persuara

“Seringkali parpol absen dari fungsi dan tugas sosialnya. Untuk kebutuhan apa lagi bagi Parpol, sampai begitu tega dan antusiasnya pemerintah memompa tambahan dana dua kali lipat kepada Parpol? Sementara Kita bisa amati, begitu memadainya eksistensi da status sosial ekonomi para petinggi Parpol itu,” sebutnya.

Direktur eksekutif Forum Demokrasi Sumsel ini menyarankan, supaya tidak menciptakan kecemburuan sosial baru, akan lebih efektif untuk sementara bila ditunda dulu keputusan tersebut. Kemudian dialihkan pendanaan itu untuk keperluan pembangunan yang lain. Seperti perbaikan fasum balai/pusat rehabilitasi sosial, mengurai pemukiman padat penduduk dan kumuh, perbaikan drainase atau membangun ruang publik terbuka nan Hijau yang berguna bagi Warga untuk bersosialisasi.

Baca Juga :   Dana Parpol Untuk Pengkaderan

“Serta hal lainnya yang berhubungan terhadap kebutuhan atau aspirasi Publik daerah,” tukasnya. (Buy/pen)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here