• Rabu, 27 September 2023

UBD Gelar Kuliah Umum, Kenalkan Pembelajaran Abad 21

- Jumat, 9 Juni 2023 | 15:08 WIB
Kuliah umum Universitas Bina Darma Palembang  (Fauzi )
Kuliah umum Universitas Bina Darma Palembang (Fauzi )

Palembang, Detik Sumsel.com -- Dua Program Studi (Prodi) Fakultas Sosial Humaniora (FSH) Universitas Bina Darma, yakni Prodi Sastra Inggris dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia menggelar kegiatan kuliah umum pada Kamis, 8 Juni 2023 di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M. Sc Kampus Bochari Rachman 1.

“Saya mewakili Rektor Universitas Bina Darma, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Prof. Dr. Ninuk Lustiyantie, yang berkesempatan hadir sebagai narasumber pada pagi ini. Untuk mahasiswa manfaatkan kesempatan ini dengan baik, kalau ada hal-hal yang kurang dipahami bisa ditanyakan,” ujar M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bina Darma 

Dalam kuliah umum kali ini menghadirkan pakar dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa, khususnya inovasi dalam pembelajaran bahasa. Narasumber yang akan mengisi kegiatan ini adalah dosen dengan jabatan fungsional guru besar dan pernah menjabat sebagai Koordinator Program Studi Doktor (S3) Linguistik Terapan di Universitas Negeri Jakarta, yaitu Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.

Tema kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd., yakni Inovasi Pembelajaran Bahasa Abad 21 di Lingkungan Prodi Sastra Inggris dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bina Darma.

Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. mengatakan, dinamika tantangan dalam dunia kehidupan kita saat ini semakin beragam. Globalisasi yang terjadi membawa arus yang memengaruhi pada setiap individu, namun sebaiknya tidak melupakan akar budaya bangsa sendiri

Melalui pembelajaran abad 21 ini, diketahui bahwa pembelajaran dengan teknologi digital dengan maksud untuk memahami potensi teknologi yang memungkinkan adanya jenis pendagogi yang baru.

“Indikator pembelajaran inovatif itu meliputi 4 hal yaitu baru, kreatif, urgen, dan berteknologi. Kita juga harus menerapkan ini dalam pembelajaran abad ke-21,” ujar Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendatangkan pakar atau ahli agar dapat meningkatkan keterampilan dosen dan mahasiswa Prodi Sastra Inggris dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Dosen dan Mahasiswa kedua program studi dilibatkan sebagai peserta agar dapat memahami dan membuat inovasi-inovasi dalam pembelajaran, khususnya di bidang bahasa dan sastra.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. atas kesediaannya untuk menjadi narasumber dalam kuliah umum ini,” ujar Neisya, M.A. Ketua Panitia.

Hadir pada kegiatan ini, Dr. Fitria Aprilia, M.Pd. Ketua Prodi Sastra Inggris, Dr. Hastari Mayrita, M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, serta dosen-dosen dari kedua prodi tersebut.* (PR)

Editor: Fauzi DS

Tags

Terkini

68 Maba Pascasarjana UBD Ikuti Pengenalan Mahasiswa Baru

Sabtu, 16 September 2023 | 19:53 WIB

Universitas Bina Darma Laksanakan PKKMB Hari Kedua

Rabu, 6 September 2023 | 19:13 WIB
X