Rektor UT Sebut Emban Tiga Misi Utama Jangkau Mahasiswa Hingga Ke Pelosok Negeri

- Minggu, 19 Maret 2023 | 19:10 WIB
Suasana ketika mahasiswa baru UT Palembang mengikuti OSMB dan PKBJJ  di hotel Aryaduta Palembang. (Larassati )
Suasana ketika mahasiswa baru UT Palembang mengikuti OSMB dan PKBJJ di hotel Aryaduta Palembang. (Larassati )

Palembang, Detiksumsel.com -- universitas terbuka memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan dengan Perguruan Tinggi yang lakukan tatap muka atau offline sehingga mahasiswa UT terbilang tangguh.

Hal itu disampaikan oleh Rektor universitas terbuka (UT), Prof Ojad Darojat MBus PhD dalam sambutannya pada OSMB UT Palembang tahun 2023 di hotel Aryaduta Palembang, Minggu (19/3/2023).

"UT dihadapkan dengan tantangan yang luar biasa lantaran mahasiwa diarahkan dan dibina dalam pembelajaran jarak jauh sehingga harus tangguh," ungkap Ojad.

Dikatakan Ojad bahwa UT didirikan selama 38 tahun lalu oleh Pemerintah pada 4 september 1984 mengemban tiga misi utama untuk menjangkau semua mahasiswa hingga ke pelosok Negeri sampai desa dengan berbagai letak geografis.

"UT diamanahkan sebagai perguruan tinggi yang dapat menjangkau pemerataan pendidikan yang 44 PTN tidak mampu manjangkau seperti di perbukitan, pesisisr pantai yang jauh dari kota," paparnya.

Rektor UT tersebut menyebutkan diantara tiga misi tersebut yakni yang pertama menjangkau semua masyarakat untuk mengemban pendidikan dimanapun berada, yang kedua memberi kesempatan working people untuk meningkatkan kualifikasi jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Maka UT hadir memberikan jawaban agar dapat belajar sambil merintis karir dan mengurus keluarga serta yang ketiga memenuhi daya tampung PTN yang terbatas," ucapnya.

Menurutnya siapapun yang telah mengantongi ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) bisa kuliah di UT.

"Waktu tempuh tidak ditentukan, tergantung kapasitasnya masing-masing yang mencerminkan merdeka belajar," ujarnya.

Di tempat yang sama Direktur universitas terbuka Palembang, Dr Meita Istianda SIP MSi mengatakan universitas terbuka dalam mendekatkan diri dan memberikan layanan terbaik dengan melakukan OSMB.

"Ini tahap ketiga dimana sebelumnya telah dilakukan tahap pertama dan kedua di daerah Sumsel seperti Muara Enim dan lainnya" terangnya.

Lebih lanjut Meita menerangkan bahwa OSMB menjadi hal yang penting untuk memberikan strategi atau senjata mahasiswa selama belajar di UT.


UT sebagai sarana yang diberkan pemerintah dimana mahasiswa UT telah tersebar hingga ke plosok Indonesia salah satunya wilayah Sumsel yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Sementara Ketua DPRD Provinsi Sumsel, RA Anita Noeringhati SH MH menambahkan,  mahasiswa UT tentunya orang yang punya tekad belajar mandiri, terbuka untuk semua orang dan melek teknologi.

"UT berupaya mencerdaskan bangsa dengan berbagai media teknologi di semua elemen masyarakat untuk belajar tanpa batas waktu di semua elemen masyarakat dalam meningkatkan pendidikannya," tukasnya.

Diketahui dalam hal ini universitas terbuka Palembang kembali gelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) tahap ketiga.

Editor: Larassati

Tags

Terkini

X