Iklan
Pemprov
Dr. Iyakrus, M.Kes (kiri), Dr. Hartono, M.M (tengah), dan Dr. Hartati, M.Kes (kanan)

Pendidikan Olahraga Unsri Gelar Lokakarya Revitalisasi Kurikulum

Palembang, Detik Sumsel – Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan S1 dan Pendidikan Olahraga S2 FKIP Universitas Sriwijiaya menggelar Lokakarya dengan tema Revitalisasi Kurikulum Penjaskes dan Pendidikan Olahraga melalui Zoom Meeting pada hari Senin 7 Juni 2021.

Narasumber pada kegiatan lokakarya ini yaitu Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd (Ketua Umum ISORI) dan Dr. Syamsudin,M.Pd (LPMP Sumatera Selatan).

Ketua Pelaksana Lokakarya Dr. Hartati, M.Kes mengatakan kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, alumni, sertastakehoder lulusan pendidikan Pendidikan Jasmani dankesehatan (S1) serta Pendidikan Olahraga (S2) FKIP Unsri.

“Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi kebutuhan kurikulum MBKM (merdeka belajar kampus merdeka) dan kebutuhanalumni dan stakeholder lulusan prodi pendidikan Penjaskes,”ujarnya.

Hal senada disampaikan Koordinator program studi Pendidikan Olahraga Dr. Iyakrus, M.Kes. dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan lokakarya ini diharapkan dapatmenghasilkan kurikulum terbaik dalam rangka menghasilkanlulusan terbaik sehingga dapat berimbas pada kualitaspendidikan yang dapat mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Baca Juga :   Sejak 2018 Jalan Menuju Polsek Pagaralam Masih Berlumpur

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Dr. Hartono, M.A. sekaligus membuka secara resmi kegiatan lokakarya pada sambutannya menyampaikan kegiatan lokakarya ini merupakan suatu rangkaian kegiatan evaluasi kurikulum untuk menganalisis profil lulusan yg telah dihasilkan olehprogram studi. Dalam revitalisasi kurikulum diperlukanmempersiapkan lulusan agar menghadapi tantangan di era 4.0 dan Society 5.0.

Kegiatan lokakarya ini diikuti oleh koordinator dan dosen prodisecara luring, dan para narasumber, stakeholder, mahasiswa danalumni yang lain mengikuti secara daring. Kegiatan ini terdiridari dua tahapan yaitu kegiatan paparan dan diskusi informasidari narasumber utama yaitu Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pdselaku Ketua Umum ISORI yang dipandu Dr. Herry Yusfi, M.Pddan Narasumber kedua yaitu Dr. Syamsudin,M.Pd selakupraktisi LPMP Sumatera Selatan, Koordinator Prodi S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang dipandu oleh Dr. Hartati, M.Kes. Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Focus group discussion (FGD) pada siang hari yang dipanduoleh moderator Ahmad Richard Victorian, M.Pd, pemaparan kurikulum S1 oleh Destriani, M.Pd danpemaparan kurikulum S2 Dr. Wahyu Indra Bayu,M.Pdyang melibatkan LPMP Unsri Syamsudin,M.Pd Dosen Prodi S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta Dosen Prodi S2 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Mahasiswa, Alumni (Ahmad Zarfan S.Pd dan Tarsimah, S.Pd), Stakeholder (Dr. Arianto,M.Pd, Alven Okpalinsyah, S.Pd, M,Pd, Gunawan, S.Pd dan Deny Hidayanto, S.Pd) Tenaga Tendik, yaitu Herman Sawiran S.T dan Akman, S.H.

Baca Juga :   Hut Yayasan, Ketua Bhayangkari Lahat Bagikan 190 KIA

Hasil Kegiatan lokakarya memberikan suatu informasibahwa Perumusan kurikulum merdeka belajar beranjakdari visi dan misi yang tidak hanya mencakup tri dharma tetapi juga mengacu pada kompetensi. Berkaitan denganhal itu, aspek tridharma, IKU, hasil treasure study ,kompetensi mahasiswa dan user satisfaction dijabarkandalam profil mahasiswa yang akan dituangkan dalam CPL (capaian lulusan) sehingga dapat memfasilitasi program MBKM (merdeka belajar kampus merdeka). (Bet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tips Sukses Jadi Pemimpin Ala Kapolda Sumsel Untuk Generasi Milenial

Palembang, Detik Sumsel – Kapolda Sulsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, S., M.M …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *