Pemprov
Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Haryanto SE MM MBA, saat cek kesehatan. Foto Heru/DS

Penderita Penyakit Ini Masih Tinggi, Cik Ujang  Ajak Warga Berhenti Merokok

Lahat, Detik Sumsel — Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat mencatat, kasus penyakit tidak menular (PTM red) di Lahat tiap tahun kian meningkat. Hal ini karena pola hidup masyarakat yang tidak aktif secara fisik, kurangnya konsumsi buah dan sayur, serta tingginya konsumsi alkohol dan merokok.

Seperti ditahun 2017, untuk penderita Diabetes Militus alias kencing manis, sebanyak 3.257 kasus. Sedangkan untuk penderita Hipertensi, sebanyak 15.352 kasus. Tahun 2018, penderita DM, turun menjadi 2.911 kasus, sedangkan Hipertensi naik jadi 19.072 kasus. Untuk tahun 2019, hingga bulan Mei, tercatat penderita DM 1.458 kasus, sedangkan Hipertensi sebanyak 6.776 kasus.

Baca Juga :   Selama Pandemi Covid 19, Ini Hasil Ungkap Kasus Ditresnarkoba Polda Sumsel

“Untuk kanker serviks, hasil pemeriksaan negatif. Angka tersebut didapat dari 33 puskesmas di Kabupaten Lahat. Sedangkan untuk penyakit jantung, datanya masih di pihak RSUD Lahat,” terang Kadinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, melalui Kasi PTM, Keswa dan Napza, Farlian Fardan SKM MM, Jumat (28/6).

Guna menurunkan angka tersebut, pihak Dinas Kesehatan sejak tahun 2017 lalu terus lakukan upaya gerakan masyarakat sehat (Germas red). Dengan meningkatkan kesadaran, kemauan masyarakat menjalani pola hidup sehat.

“Karena selain menyebabkan kecacatan dan kematian, jenis penyakit ini bisa juga menyebabkan kemiskinan. Karena biaya berobat yang mahal, dan lama,” ujar Farlian.

Baca Juga :   Diduga Over Dosis, Karyawati Planet Cafe Ditemukan Tewas dengan Mulut Berbusa

Sementara, Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Haryanto SE MM MBA, ikut menggelorakan gerakan masyarakat sehat. Cik Ujang bahkan melontarkan ajakan ke Haryanto, untuk sama-sama berhenti merokok. Sebagai upaya kampanye Germas ke masyarakat Lahat.

“Insya Allah dua atau tiga bulan kedepan, Bupati-Wabub Lahat bakal berhenti merokok. Ayo kita lakukan Germas, Germas ini bisa dilakukan dimana saja,” ajak Cik Ujang, disela usai lakukan cek kesehatan di Gor Bukit Tunjuk Lahat. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Pemprov Sumsel Perpanjang Kerjasama Akses Layanan Penerbangan dengan Garuda Indonesia 

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengapresiasi atas terjalinnya kerjasama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *