Detik
Walikota Palembang, menyaksikan perjanjian kerjasama antara BPN dan BPPD

Pemkot Sepakati Perjajian Kerjasama Host to Host dengan BPN Palembang

Palembang, DetikSumsel – Pemerintah Kota Palembang, melalui Badan Pengelolaan Pajak Daerah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, dengan Kantor Pertanahan Kota Palembang.

Kerjasama ini, terkait Pengintegrasian (Host to Host) data pertanahan dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perkotaan dan bea perhotelan hak atas tanah dan bangunan Kota Palembang.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo menerangkan bahwa, perjanjian ini dalam rangka mengoptimalkan pendapatan pajak PBB dan BPHTB.

Masih diterangkan Harnojoyo, bila selama ini para wajib pajak, setelah membayar masih harus menyerahkan berkas ke BPN sekarang dengan Host to Host tidak lagi.

Baca Juga :   Bulog Salurkan 2,1 Ton Beras ke Korban Banjir

“Perjanjian ini bertujuan, untuk memudahkan wajib pajak dan mengoptimalkan pendapatan asli daerah, yang mana target PBB naik 1 Miliar,”ungkap bapak tiga orang anak ini

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang, Shinta Raharja menerangkan bahwa, sampai akhir bulan November serapan pajak telah mencapai ratio 91,67 persen.

“Target 2018 Rp 748, 6 miliar di bulan November baru tercapai Rp 661, 6 miliar atau masih kurang Rp 87 juta,”ungkap Shinta.

Diterangkannya juga, untuk Pajak Bumi Bangunan (PBB) targer APBD-P Rp 190 miliar baru tercapi Rp 157,7 miliar, sedakan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) ditargetkan Rp 156 miliar baru tercapai Rp 122,6 miliar.

Baca Juga :   Wabup Shodiq Tinjau Semburan Sumur Bor

“Saya optimis target tersebut tercapai di akhir bulan Desember,”jelasnya

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kota Palembang, Edison menerangkan, setelah adanya perjanjian ini, nantinya akan ada pertukaran sistem informasi antara BPN dengan Pemkot Palembang.

“Nantinya sistem komputerisasi di BPN akan terkoneksi dengan sistem komputer BPPD Kota Palembang, sehingga meminalisir kecurangan. Nantinya awal Januari akan diterapkan sebuah aplikasinya,”tandasnya.(Pen)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Efen Permata

Avatar

Check Also

Ekonomi Sumsel di Prediksi Membaik pada 2021

Palembang, Detik Sumsel – Bank Indonesia (BI) optimistis, pemulihan ekonomi nasional akan terwujud pada 2021. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *