Gran Fondo
Wakil Bupati Lahat,  Haryanto SE MM MBA, ketika menyampaikan sambutan di Lapas Kelas II A Lahat. Foto Heru/DS

Pemkab Siapkan Lahan 2 Hektar Untuk Lapas Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sudirman D Hury mengatakan, kian banyaknya narapida yang jadi warga binaan di Lapas Kelas II Lahat, rupanya membuat Lapas Lahat terasa kian sesak.

“Tidak hanya sekedar menumpukkan pelanggar hukum, tapi bagaimana pembinaannya. Dibutuhkan kepemimpinan substantif, agar bisa mengatur bawahan, dan warga binaan dengan baik,”kata Sudirman D Hury, ketika Sertijab dengan Kalapas Lahat yang baru, di Aula Lapas Lahat, Jumat (4/1).

Dari kapasitas sebanyak 292 warga binaan, Lapas Kelas II Lahat kini sudah diisi oleh 445 warga binaan. Termasuk enam warga binaan perempuan, dan dua anak perempuan. Hanya memiliki ruang tahanan sebanyak 40. Lapas Lahat memang terlihat sesak saat narapidana dan tahanan berkumpul.

Baca Juga :   Kasus 29 Covid-19 OKUT Meninggal Dunia

“Lapas Lahat ini sudah tidak memenuhi syarat sebagai Lapas kelas II. Lapas Lahat tidak mempunyai tempat pembinaan, isinya juga sudah over kapasitas,” ujar Ridar.

Selaku Kepala Lapas Lahat yang baru, Herman Sawiran mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil, telah memberikan kepercayaan memimpin Lapas Lahat. Seperti yang diketahui, Lapas Lahat ini sudah tidak mampu lagi kalaupun harus direhap. Berharap Bupati/Wakil Bupati Lahat dapat memberikan bantuan.

“Kami akan berusaha semampu mungkin, merawat, membina warga binaan untuk menjadi lebih baik. Saya berharap, nanti ada bantuan dari Wakil Bupati Lahat, untuk diadakan lokasi lapas yang baru, ” harapnya.

Baca Juga :   Selain Sosialisasi Protokol Kesehatan, Feby Deru Bagikan APD ke Pedagan Pasar Plaju

Sementara, Wakil Bupati Lahat,  Haryanto menuturkan, bersama Bupati Lahat, Cik Ujang SH, dirinya sudah sepakat bakal menyiapkan tanah seluas 2 hektar, untuk pembangunan Lapas yang baru. Hanya saja saat ini lokasinya belum ditentukan.

“Selamat datang Kalapas Lahat yang baru. Semoga dengan hadirnya Kalapas baru, Kabupaten Lahat kian bercahaya. Semoga kedepan terus bersinergi,” tutur Haryanto. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Update COVID-19 Muba: Nihil Penambahan Kasus

Sekayu, Detik Sumsel – Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Minggu (29/11) mengkonfirmasi nihil penambahan kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *