Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Pemkab Dinilai Lamban, Warga Palembang Bagi-bagi Air di Lahat

Pemkab Dinilai Lamban, Warga Palembang Bagi-bagi Air di Lahat

Tanggal : Pukul :
230
0
Warga Kelurahan Gunung Gajah, Kota Lahat, saat dapatkan bantuan air bersih. Foto Istimewa

Lahat, Detik Sumsel — Belum adanya gerakan dari Pemkab Lahat, untuk membantu mengatasi kekurangan air yang dilanda masyarakat. Rupanya ditanggapi cepat oleh organisasi kemahasiswaan. Mirisnya lagi, donatur bagi-bagi air ini, berasal dari luar Kota Lahat.

Seperti yang terjadi di Ketua RT 14, Kelurahan Gunung Gajah, Kota Lahat. Hampir dua bulan terakhir, warga kesulitan air. Padahal di lokasi tersebut terdapat bak penampungan air milik PDAM Tirta Lematang, yang penyalurannya menggunakan sistem gravitasi. Namun sayangnya air belum juga kunjung mengalir, ke lokasi dengan sejumlah alasan.

“Baru dari anak-anak Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), yang bagi-bagi air. Kabarnya disponsori dari Darul Qur’an Palembang. Belum pernah ada kalau dari Pemkab Lahat,” ujar Santoso, Ketua RT setempat, Senin (16/9)

Sementara, Kepala BPBD Lahat, Marjono mengatakan tak menapik kondisi kemarau panjang saat ini, berdampak minimnya air bersih bagi warga. Namun pihaknya, tahun ini kembali tidak bisa lakukan bagi-bagi air, karena memang tidak ada anggarannya. Dari pantauan pihaknya, saat ini warga sudah memadati Sungai Lematang, untuk aktifitas mandi dan mencuci.

“Belum tahu akan ada atau tidak bagi-bagi air itu. Rencananya, atau permintaan warga juga belum ada,” kata Marjono. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here