Pemprov
Oleh: Anita Hikma Dwi Artawati

Pemanfaatan Teknologi yang Cepat Tepat Untuk Indonesia Maju dan Kuat

Kini perkembangan teknologi di abad ke-21 semakin hari semakin maju. Mulai dari sarana komunikasi hingga transportasi semuanya mengalami kemajuan yang signifikan. Kemajuan teknologi ini sendiri memberi dampak besar bagi kehidupan manusia, oleh karena itu hal ini seharusnya bisa menjadi faktor penting dalam membantu bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan kuat.


Dunia bisnis, pendidikan, dan segala hal yang berkaitan dengan pembangunan negara merupakan hal yang bisa dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Penerapan dan peningkatan penggunaan teknologi canggih dalam bidang ini sangat diperlukan. Alasannya yaitu karena peningkatan penggunaan teknologi dalam dunia bisnis dapat digunakan sebagai pemicu peningkatan ekonomi bangsa Indonesia, dunia pendidikan untuk menciptakan kader-kader dan penerus bangsa yang kompeten, serta peningkatan sarana prasarana yang membantu meningkatkan kualitas bangsa.

Tidak dipungkiri lagi jika perkembangan teknologi saat ini mampu memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan segala aktivitasnya. Contoh yang paling sederhana yaitu orang-orang yang berada di beda tempat sudah bisa berbincang-bincang secara langsung, cepat, dan mudah menggunakan handphone. Berbeda rumah, kota, pulau, hingga negara masih bisa dijangkau dengan cepat jika orang berkomunikasi menggunakan alat komunikasi canggih ini. Tidak hanya dalam sarana komunikasi, contoh lain adalah dalam media informasi.

Dewasa ini masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang sedang trending, baik yang terjadi di daerah mereka, lintas kota, nasional hingga berbeda negara. Hal ini tentu saja didukung oleh sarana dan prasarana yang lain. Seperti jaringan internet yang menjadi faktor pendukung utama, peningkatan kreativitas para pencipta teknologi mutakhir, dan kebutuhan kehidupan yang terus meningkat menjadikan perkembangan teknologi ini terus meningkat.

Trik Peningkatan Ekonomi Negara

Namun pada kenyataannya, Indonesia masih dinyatakan belum bisa memanfaatkan teknologi dan informasi (TIK) dengan tepat dalam dunia bisnis. Berdasarkan ulasan bisnis.com, hal ini disebabkan oleh kurang meratanya akses dan literasi terhadap teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menghambat upaya Indonesia dalam mencapai Tujuan pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Padahal teknologi komunikasi dan informasi sangat berperan aktif dalam perkembangan dunia bisnis.

Sebagai contoh nya, pemunculan dan peningkatan E-Business dapat menciptakan peluang yang sangat menguntungkan. Menurut pendidikan.co.id, E-Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, dan bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau yang berkaitan dengan penggunaan internet di antara pihak-pihak yang bersangkutan.

Baca Juga :   Muncul Isu Prostitusi Online, Satpol PP Lahat Gedor Tempat Penginapan

Online shop merupakan salah satu bentuk dari E-Business yang bisa dilakukan. Walaupun saat ini sudah banyak online shop yang ada di Indonesia, namun pengguna dari online shop ini masih terbatas. Lagi-lagi dikarenakan oleh keterbatasan kemampuan penggunaan teknologi, dan pembangunan infrastruktur yang tidak merata sebagai penunjang pemerataan teknologi.

Jika segala hal yang berkaitan dengan teknologi dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat, E-Business atau Online shop akan semakin maju. Karena secara otomatis masyarakat akan mulai mempelajari teknologi karena tuntutan keadaan. Sehingga E-Business dapat meningkat yang membuat kualitas ekonomi mereka juga meningkat. Jika kualitas rakyat Indonesia meningkat secara tidak langsung hal ini juga akan meningkatkan kualitas ekonomi negara Indonesia sendiri. Suara.com menyebutkan jika pada dasarnya sistem bisnis bepengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi penjualan barang dan jasa terhadap pertambahan PDB (Produk Domestik Bruto) yang merupakan indikator umum yang digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi negara dari tahun ke tahun.

Selain E-Business, perusahaan yang terdengar gaungnya merupakan perusahaan atau industri yang mempunyai sistem penyebaran informasi yang baik, dapat melakukan komunikasi secara efektif, dan mempunyai alat-alat penunjang bisnis atau produksi yang canggih. Jika suatu negara mempunyai industri atau perusahaan yang besar, ekonomi negara juga akan mendapat dampak positifnya. Oleh karena itu, penerapan penggunaan TIK berskala besar dalam dunia perbisnisan sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas ekonomi rakyat dan negara.

Perkembangan Nyata Pendidikan

Perkembangan teknologi yang ada saat ini seharusnya dikembangkan dan dimaksimalkan pemanfaatannya dalam bidang pendidikan. Hal ini dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap pendidikan di Indonesia. Walaupun begitu peran teknologi dalam dunia pendidikan juga bisa menimbulkan hal yang negatif apabila salah dalam penggunaannya. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi harus selektif.

Salah satu menteri kemendikbud menyatakan jika pembelajaran berbasis TIK memiliki prospek yang baik karena sampai kapanpun manusia akan membutuhkan teknologi untuk proses belajar mengajar. Ini lah yang memperkuat jika dengan penggunaan secara selektif atas perkembangan teknologi bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca Juga :   Lagi, BPOM Temukan Kandungan Formalin Pada Mie Basah

Pemerataan pendidikan adalah hal utama yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pemerintah beranjak untuk melakukan pemerataan penggunaan dan pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan ini sendiri. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, data dari UNESCO tahun 2000 tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia yang salah satu nya terdapat hal tentang pencapaian pendidikan di Indonesia menunjukan jika angka ini semakin menurun. Bagaimana pemerintah bisa berekspektasi untuk menghasilkan kader-kader cerdas yang dapat berinteraksi aktif dengan revolusi industri 4.0, jika tempat pendidikan mereka saja belum terpenuhi.

Oleh karena pemerintah harus bertindak secara cepat dalam pembangunan sarana pendidikan ini di seluruh Indonesia. Selain itu, pemerintah juga harus memikirkan peningkatan perkembangan untuk sekolah-sekolah yang ada. Contohnya saja peningkatan penggunaan lab komputer yang layak bagi para pelajar, dan teknologi lain yang bisa menunjang sistem pembelajaran di Indonesia. Karena generasi cerdas tidak bisa hanya dipenuhi dengan teori yang tidak ada wujudnya, namun perlu penggambaran nyata akan hal yang ia pelajari. Hingga nantinya para pelajar ini bisa menjadi kader-kader penerus bangsa yang berkualitas. Jika kedua hal ini dilakukan, pemerintah bisa dikatakan “selalu bergerak maju”. Mewujudkan sesuatu yang belum ada, sekaligus meningkatkan suatu hal yang sudah ada.

Disinilah peran pemerintah akan terlihat nantinya. Anak-anak yang pemerintah bantu inilah yang akan berperan aktif dalam membangun bangsa dan negara pada masa depan.

Selain itu pembangunan infrasturktur yang lebih canggih juga dapat dilakukan menggunakan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya dapat menggunakan teknologi yang lebih mutakhir. Hal ini tentu saja juga akan menghasilkan kualitas yang jauh lebih tinggi. Dengan pembangunan ini, selain pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah juga berhasil membuat kehidupan masyarakat nya meningkat. Tidak hanya itu, kemajuan fasilitas, sarana, dan prasarana suatu Negara juga menjamin melonjak nya status dari Negara tersebut. Oleh karena itu, teknologi sangat memberikan dampak yang begitu besar bagi Negara. Rakyat nya sejahtera, Negara pun ikut bangkit dan maju bersama.


Penulis: Anita Hikma Dwi Artawati

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Raam

Raam

Check Also

Dua Jam Dibiarkan, Penumpang Bus Meninggal, Rupanya Karena Sesak Napas

Lahat, Detik Sumsel – Warga di sekitar Rumah Makan Alkinan, Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *