Detik
Kepala Dinas PUPR Kota Palembang

Pelajari SK Walikota, PUPR Targetkan 2019 Zero Hole

Palembang, Detik Sumsel – Pemerintah Kota Palembang, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR), sedang melakukan evaluasi terhadap ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Hal tersebut disampaikan,Kepala Dinas PU-PR Kota Palembang, Ahmad Bastari, diruang kerjanya, Jum’at (5/10)

“Saat ini sedang dilakukan tahapan evaluasi dengan melibatkan konsultan. Dan juga sedang dilakukan pembahasan terkait SK Walikota tentang jalan milik Pemkot, sehingga bisa memaksimalkan pembangunan dan perbaikan yang menjadi tanggunh jawab Kota Palembang,”jelasnya.

Di dalam Surat Keputusan (SK) Walikota dijelaskannya, ada sekitar 1.200 ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Palembang.

Dimana, setelah tiga tahun SK jalan tersebut dapat direvisi, untuk selanjutnya diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, seperti jalan Karim Kadir di Kecamatan Gandus yang sempat menjadi persoalan saat pelaksanaan perbaikan.

Baca Juga :   32 Anggota Senat Berhak Beri Pertimbangan Calon Rektor UIN Raden Fatah Palembang

“Untuk jalan Karim Kadir itu sudah jalan Provinsi, karena di SK Walikota, itu harus diserahkan ke mereka. Hanya saja, karena kondisi jalannya cukup rusak parah, mereka tidak mau menerima, untuk itu kita perbaiki dulu dan setelah itu baru kita serahkan,” terangnya.

Sesuai perintah Walikota, pada 2019 mendatang, Kota Palembang secara bertahap mulai melaksanakan program “zero hole” untuk seluruh jalan di Kota Palembang.

“Secara bertahap, kita mulai melakukan perbaikan dan peningkatan pada jalan Kota. Seperti yang akan kita lakukan pada jalan-jalan yang memiliki kerusakan parah, contohnya kerusakan di wilayah Sako,” ulasnya.

Baca Juga :   Pasca Bentrok, Pemkab Klaim Situasi Kondusif 

Sejauh ini, sambung Bastari, untuk perbaikan jalan yang masuk dalam perencanaan 2017, sudah mencapai 90%. Artinya, perbaikan yang dilakukan anggaran 2018, tinggal 10% lagi.

“Progres proyek perbaikan maupun pengembangan jalan di tahun ini sudah 90%. Dan untuk perbaikan pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Perubahan, difokuskan pada perbaikan jalan di Gandus, khususnya untuk akses ke Al-Quran AL Akbar,” tuturnya.

Bastari menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan untuk meningkatkan akses jalan dalam Kota, yang menjadi tanggung jawab Pemkot Palembang.

“Akan dilakukan peningkatan jalan, yang diikuti dengan kemampuan jalan dalam menahan beban melebihi perencanaan awal,”singkatnya.(Pen)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Efen Permata

Avatar

Check Also

Iwan Fals Nekat Curi Motor di Pagaralam

Pagaralam, Detik Sumsel- Entah apa yang ada dibenak Iwan Fals Ramadhan remaja yang masih berusia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *