Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Sekda Kota Palembang, berkunjung ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam yang berada di Jalan Sultan Muhammad Mansyur

Pelajari Silsilah Kesultanan Palembang Darussalam, Ratu Dewa Temui SMB IV

Palembang, Detik Sumsel – Sultan Mahmud Badaruddin (SMB)  IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn didampingi sejumlah pangeran, Senin (10/8) menyambut kedatangan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Drs Ratu Dewa, di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam yang berada di Jalan Sultan Muhammad Mansyur.

Usai bertemu Sultan Palembang, Ratu Dewa mengaku kunjungan ini terinspirasi dari liputan media mengenai kondisi Museum Dr AK Gani yang memprihatinan.

Bermula dari kepedulian pahlawan nasional DR AK Gani, ada perhatian khusus dari Pemerintah Kota Palembang terhadap pahlawan-pahlawan nasional yang berkiprah di Palembang  yaitu Dr AK Gani dan Sultan Mahmud Badaruddin II, jadi kita ingin melihat silsilah yang jelas dan gambaran utuh.

“Saya kesini sebagai rangkaian  dari AK Gani kemarin, makanya ketemu  Sultan Mahmud Badaruddin IV yang merupakan zuriat dari Sultan Mahmud Badaruddin II,”jelas Dewa.

Dalam pertemuan tersebut, Ratu Dewa mendapatkan informasi mengenai pahlawan SMB II yang sudah melalui seminar, kajian secara komferhensif .

“Generasi muda harus mengenang jasa para pahlawan ini, ini lho perjuangan pendahulu  kita, jangan sampai kita lupa di momentum 17 Agustus , saya mengajak semua pihak untuk tidak melupakan  jasa pahlawan,” tuturnya.

Dewa meminta progres dari Dinas Kebudayaan kota Palembang agar pertemuan ini hanya sekadar konsep dan pertemuan saja, harus ada progres dan tindaklanjut seperti untuk menghidupkan  pakaian adat Palembang.

“terkait adat Palembang, saya ingin ini diimplementasikan, dan alhamdulilah Pemkot telah menerapkan, dan kedepan kalau tidak pakai harus ada hukuman, ada sangsi,” katanya.

Terkait usulan SMB IV dimana jalan-jalan di kota Palembang  di buat huruf Arab Melayu yang mencerminkan Darussalam termasuk tarian sambut Palembang.

“Minggu ini saya minta dari  Dinas Kebudayaan pak Mutaqin harus ada progres, harus ada tindaklanjut, sehingga kita mengetahui point-point apa yang harus di anggarkan,”ucapnya.

Sementara, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB)  IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn mengucapkan terimakasih atas kunjungan pemerintah Kota Palembang, dalam hal ini diwakilkan ke Sekretaris Daerah.

Dipertemuan tadi, dirinya mengutarakan keinginan,
ketika orang masuk Palembang ada aura kota Palembang mungkin salah satunya dengan ciri khas  apa yang harus diadakan seperti membuat tulisan Arab Melayu di jalan-jalan Palembang dan tanda-tanda di pemerintahan kota.

Pihaknya Kesultanan Palembang, jelasnya sudah banyak berbuat untuk Palembang dan generasi Palembang agar tidak lupa dengan sejarah masa lalu Palembang dengan membuat dua kamus Bahasa Palembang.

“Tadi disarankan tadi ada muatan lokal Bahasa Palembang atau muatan lokal mengenai Palembang, jadi disitu ada bepantunnya, ada ceritanya, ada bahasa kosa katanya, ada lagu-lagu Palembang, kalau bisa pemerintah kedepannya ada muatan lokal seperti disarankan asosiasi Guru sejarah tadi ibu Merry ada muatan lokal mengenai kota Palembang,”tandasnya.(Pen)

About Efen Permata

Check Also

Musnahkan 5,7 juta batang rokok ilegal beserta ribuan barang lainnya di Kantor Bea Cukai Palembang, Rabu (23/9)

Musnahkan Jutaan Rokok dan Barang Ilegal, Negara Rugi 2,7 Milyar 

Palembang, Detik Sumsel,- Direktorat Jenderal Bea Cukai Sumatera Bagian Selatan Timur musnahkan 5,7 juta batang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *