Pemprov
General Manager PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang Silo Santoso saat memaparkan rencana pengembangan pelabuhan Sungai Lais dihadapan awak media

Pelabuhan Rakyat Sungai Lais Akan Dikembangkan

Palembang, Detik Sumsel — PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang akan mengembangkan pelabuhan rakyat di Sungai Lais seluas 135 hektar sebagai pengganti pelabuhan Boom Baru. Karena pelabuhan Boom Baru yang luasnya hanya 24 hektar tidak bisa lagi dikembangkan.

Hal ini diungkapkan General Manager PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang Silo Santoso dalam paparan kinerja PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang tahun 2020 dan proyeksi kerja tahun 2021 bersama awak media di kantor PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang Rabu (27/1/2021).

General Manager PT Pelabuhan Indonesia Cabang Palembang Silo Santoso mengatakan pelabuhan sungai Lais adalah ikon Sumsel. Pelabuhan sungai Lais merupakan pelabuhan rakyat yang masih berskala kecil dan masih sangat tradisional karena baru melakukan bongkar muat beberapa komoditi saja seperti semen, pupuk dan barang barang lain yang diangkut dengan kapal kayu.

Baca Juga :   Minta Bantuan Dana Kampanye, Prabowo Buka Rekening

“Aktivitas bongkar muat nya saja seperti semen dan pupuk yang masih dalam bentuk sak (karung) yang menggunakan crane dari kapal kayu. Ini masih sangat tradisional sekali,”ujarnya.

Dikatakan Silo hambatan yang dihadapi dalam pengembangan pelabuhan Sungai Lais adalah menunggu pengesahan dari kementerian perhubungan tentang rencana induk pelabuhan. Kalau sudah ada persetujuan dari kementerian perhubungan baru akan dilakukan pengembangan, investasi dan lainnya.

“Kami juga sudah mempersiapkan jalan masuk ke pelabuhan sepanjang dua kilometer yang saat ini dalam pengerjaan untuk peningkatan kapasitas dengan cor beton jalan ini direncanakan akan tersambung dengan jalan lingkar timur yang tembus ke kebun sayur akan dibangun pemerintah kota Palembang,”tuturnya.

Baca Juga :   Coba Kelabui Polisi, Awi Simpan Sabu Didalam Anus

Lebih lanjut dikatakan Silo rencana pengembangan pelabuhan Sungai Lais ini sangat di dukung oleh gubernur Sumsel H Herman Deru dalam tinjauan nya pada Desember lalu.

“Pengembangan pelabuhan Sungai Lais ini salah satu mengatasi hambata transportasi, hambatan ekonomi. Terpisah nya pergudangan, dan industri juga akan kita pancing untuk dibangun disekitar pelabuhan Sungai Lais dengan mendekati para pengusaha,”tandasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Fauzi

Avatar

Check Also

Lima Fakta Catatan Kinerja Kilang Pertamina III Plaju yang Tidak Banyak Orang Tahu

Palembang, Detik Sumsel – Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju sebagai kilang tertua di Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *