Detik
Tampak pedagang buah musiman di depan Gor Bukit Tunjuk Lahat. Foto Heru/DS 

Pedagang Buah Musiman Jajakan Dagangannya Dibahu Jalan, Sat Pol PP Akan Bertindak Tegas

Lahat, Detik Sumsel — Sejumlah pedagang buah musiman di Kota Lahat, nampaknya seakan kian meninggikan kepala. Bagaimana tidak, pasalnya keberadaan pedagang buah musiman ini sudah mengangkangi Perda, dengan menjajahkan dagangannya persis di area terlarang.

Seperti yang terlihat di sekitar area depan Balayasa Lahat di Jl Prof Emil Salim, juga di depan Gor Bukit Tunjuk Lahat di Jl H Kolonel Burlian. Pedagang buah musiman ini, bukan hanya menjajahkan dagangannya dipinggir jalan. Bahkan sudah menggunakan badan jalan, hingga kerap membuat lalu lintas jadi terganggu.

Baca Juga :   Wagub Respon Keluhan Ambruknya Jembatan KTM

“Mereka ini sudah melanggar Perda no 1 tahun 2010, tentang ketertiban, kebersihan dan keindahan kota. Sudah diberikan teguran baik lisan maupun tertulis, tapi masih saja membandel,” ujar Kasat Pol PP, Heri Alkafi melalu Kabid Ketertiban Umum, Abdul Rauf SSTP MSI, Jumat (4/1).

Rauf menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya bakal memberikan teguran ketiga. Jika masih tidak diindahkan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas berupa pengusiran dan pembongkaran paksa. Lalu diarahkan berjualan di Pasar Lematang atau Pasar Kangkungan, sebagai solusinya.

“Kita bukan ingin mengganggu mereka mencari rezeki. Tapi kan tidak harus melanggar perda. Apalagi sisa kulit buah ini dibiarkan menumpuk saja, tanpa dibuang  ketempatnya,” ujar Rauf.

Baca Juga :   Personel Basarnas Ikut Cari Korban Tertimbun Longsor di PT Bukit Asam

Disisi lain, Yanti, warga Kelurahan Kota Baru, Lahat mengatakan, dirinya mengetahui area tersebut memang dilarang untuk berjualan. Dirinya merasa, area tersebut memang strategis untuk berjualan, karna selalu dilintasi pengendara.

“Saya siap dipindahkan, asalkan pedagang lain juga dipindahkan. Jadi tidak ada lagi yang jualan disini, ” kata wanita yang berjualan di depan Gor Bukit Tunjuk ini. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

PT Era Energi Mandiri Hibahkan Tanah untuk Pemakaman

Lahat, Detik Sumsel – Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat Desa Perangai, Kecamatan Merapi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *