Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
TINJAU KONDISi : Bupati Muba Dodi Reza Alex, saat meninjau langsung proses pemilihan kepala desa. (Foto : Humas Pemkab Muba)

Pastikan Berjalan Lancar, Dodi Tinjau Langsung Pilkades

Sekayu, Detik Sumsel – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi digelar, Sabtu (10/11). Tercatat, ada sebanyak 23 Desa dari 10 Kecamatan yang melaksanakan pesta demokrasi ini.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Muba Dodi Reza Alex memantau langsung ke beberapa TPS Pilkades di beberapa Desa di beberapa kecamatan.

Dodi meminta segera menyampaikan kepada calon kades siapa yang terpilih, dari kegiatan pemilihan. “Saya minta segera menyampaikan hasilnya. Laporan yang berjenjang, sehingga administrasinya dapat dipertanggungjawabkan secara Hukum,” tegasnya

Dodi juga menghimbau, kepada seluruh calon Kades untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat proses Pilkades berlangsung.

“Yang menang harus melaksanakan tugas, dan yang kalah legowo dan bersama kita mendukung yang menang tidak bereroforia berlebih tetapi bersama sama untuk membangun desa,” katanya

Dodi juga menghimbau, kepada seluruh kepala desa terpilih nantinya, untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa nantinya. Karena dana desa merupakan bagian dari belanja pemerintah pusat dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di perdesaan.

“Arah kebijakan yang dicanangkan kepala desa nantinya, dapat mengelola anggaran dana desa dengan sebaik mungkin, bersama perangkatnya, untuk menyempurnakan alokasi dana desa dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan bagi masyarakat desa, Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan dana desa pada beberapa kegiatan prioritas desa dan Mendorong Bumdes Desa untuk dapat mendambah PAD desa,” katanya.

Baca Juga :   Askolani : Sekda Harus Mampu Menjabarkan Visi Misi Bupati Kedalam Program Kegiatan Pemerintah

“Program cash for work atau padat karya tunai juga terus dilanjutkan untuk menopang pembangunan infrastruktur di desa berikut sarana dan prasarana fisiknya. Hal ini sejalan dengan upaya memberdayakan masyarakat,” pintanya.

Dodi juga memastikan pelaksanaan Pilkades 2018 ini di Muba dapat berjalan aman dan damai, selain itu nantinya Kades terpilih dapat melaksanakan tupoksi dengan baik.”Saya pastikan Pilkades di Muba akan berjalan damai, Insya Allah, terlebih Muba ini sangat konsisten dengan zero konflik,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Richard Cahyadi AP, M.Si mengingatkan kepada para Kades terpilih nantinya untuk pro aktif dan benar-benar melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Larangan Pesta Malam.

“Tugas Kades sangat penting untuk menjalankan Perda ini ke warganya. Sehingga kita dapat menjaga kondusif desa kita, menjauhi anak anak kita dari Narkoba sebagai generasi masa depan Musi Banyuasin yang patut dibanggakan,” tegasnya.

Selain itu sistem keuangan Desa merupakan bagian dari akuntabilitas pertanggung jawaban desa, sehingga pihaknya akan meningkatkan akuntabilitas pendanaan dana desa melalui kebijakan penyaluran, sinergi pembangunan desa melalui kelola kemitraan.

Baca Juga :   Longsor Kembali Tutup Akses Lahat - Bengkulu

“Penguatan atas monitoring serta evaluasi kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) dari kecamatan hingga tingkat desa, akan terus ditingkatkan,” jelas Ricard

Richard menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur dana desa juga harus memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi lokal.

“Paling tidak penyediaan  bahan seperti pasir, batu, atau semen misalnya, harus mengutamakan produk lokal, dengan begitu, uang dari dana desa dapat berputar di desa, di kecamatan, atau minimal setingkat kabupaten,” tutupnya.

Pada kesempatan memantau langsung Pilkades 2018, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin juga memantau ke beberapa TPS Pilkades di wilayah Kecamatan Babat Supat yakni TPS Desa Supat Timur, TPS Desa Seratus Lapan,
TPS Desa Babat Ramba Jaya.

Pada kesempatan monitoring Pilkades serentak menyempatkan diri melakukan silaturahmi bersama masyarakat untuk mendengarkan keluhan dan masukan masyarakat secara langsung, dalam pertemuan tersebut masyarakat menyampaikan masukan salah satunya tentang kepemilikan lahan warga yg tidak bisa dibuat surat menyurat karena termasuk dalam kawasan hutan APH. (edy)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Edy Parmansyah

Avatar

Check Also

Polres OKUT Belum Terima Laporan Terkait Netralitas ASN

Martapura, Detik Sumsel — Polres OKU Timur mengaku belum menerima laporan terkait netralitas personel Polisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *