Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Alaergi : Ilustrasi Obat - Obatan.(Foto : Net/Detik Sumsel)

Pasien RSUD Pagaralam Meninggal Dunia, Diduga Karena Alergi Obat

Pagaralam, Detik Sumsel – Karena mengeluh demam Rio (17) yang tercatat sebagai Warga Perandonan Kelurahan Selibar Kecamatam Pagaralam Utara, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam, namun alih-alih sembuh dari sakit yang diderita, tapi justru diperparah dengan alergi obat sehingga menyebabkan Riko meninggal dunia.

Sebelumnya, riwayat Rio tersebut sebelum di larikan ke RSUD Besemah Pagaralam, sempat berobat ke beberapa pusat kesehatan di Kota Pagaralam, melihat kondisi yang tak kunjung membaik kedua orang tuanya melarikan Rio ke RSUD Besemah yang menjadi awal dirinya mengalami Alergi obat dengan kondisi sekujur tubuh melepuh dan menghitam persis luka bakar.

Saat dikunjungi Pewarta saat masih dalam perawatan, Eli Ibu Almarhum menceritakan, Awal kejadian saat di larikan ke RSUD, almarhum langsung mendapat perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Tak lama mendapat mendapat perawatan tersebut lanjut Eli, Rio kemudian tiba-tiba menggaruk sekujur tubuhnya karena merasa sangat gatal awalnya di bagian bibir juga tubuh lainnya lalu dibawah ke zaal penyakit dalam.

Baca Juga :   Lapas Merah Mata Sembelih Dua Ekor Sapi, Dagingnya untuk Warga Binaan

Selang satu hari di rawat di ruang zaal Penyakit Dalam khusus laki-laki kata Eli, terjadi perubahan pada tubuh Rio dimana terlihat tubuh Rio mulai mengalami bercak hitam dan menjalar ke seluruh tubuh sehingga dipindahkan ke zaal bedah laki-laki.

“Sebelumnya anak saya ini hanya demam panas saja, sehingga saya bawah berobat kebeberapa pusat kesehatan, namun karena tak ada perubahan maka kami bawa dia kesini (RSUD),”jelasnya.

Sementara Dirut RSUD Besemah Kota Pagaralam dr.Dian Nettha didampingi  dokter spesialis kulit dr.Indah mengatakan bahwa dalam istilah kedokteran pasien terkena Stevens Jhonsons atau penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi obat.

Baca Juga :   Kena Begal di Jalan Akses Bandara, Tangan Kanan Novi Ditusuk Pelaku

“Dan ini merupakan kasus yang sering terjadi tidak hanya di RSUD Besemah namun juga di Rumah Sakit lain,”terangnya Kepada awak media, Selasa (8/1).

Diceritkanya, Reaksi steven jhonson ini bergantung dengan kondisi daya tahan tubuh pasien itu sendiri atau pasien itu memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan.

Namun, katanya, sebelum memberikan pelayanan atau obat kepada pasien, pihak rumah sakit sudah menjalankan tugas sesuai dengan Standar Operasional (SOP) pelayanan seperti keluhan pasien, riwayat berobat serta obat yang pernah di konsumsi oleh pasien itu sendiri.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Selamat, 352 Peserta Lulus CPNS Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Lahat Tahun 2019 yang dilaksanakan Tahun 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda