Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH, bersama Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, saat bermusyawarah dengan warga. Foto Heru/DS

Pasca Bentrok Warga VS BKSDA, Bupati Lahat Berjanji Bakal Ukur Ulang Lahan

Lahat, Detik Sumsel — Pasca aksi anarkis yang dilakukan ratusan warga Desa Padang Baru, Kecamatan Merapi Selatan, Senin (4/3) lalu. Dengan cara merusak kantor pelatihan gajah BKSDA wilayah II, Lahat. Bupati Lahat Cik Ujang, akhirnya langsung turun tangan. Kantor yang sebelumnya diportal warga, kini sudah dibuka kembali oleh personil Polres Lahat.

Cik Ujang sangat menyayangkan adanya kejadian tersebut. Sembari menjelaskan, akar dari masalah ini karena adanya hibah lahan seluas 200,10 hektar, oleh Pemkab Lahat kepada pihak BKSDA. Diperuntukan menjadi area pusat pelatihan gajah di Sumsel.

“Hibah itu dilakukan pada zaman Bupati Lahat tahun 1990 an, dengan surat yang ditandatangani oleh Drs Solihin Daut, selaku Bupati Lahat saat itu,”ujar Cik Ujang Rabu (6/3).

Baca Juga :   Koalisi Anti Perusakan Hutan Tolak Sidang Komisi Penilai Amdal

Untuk itu, Cik Ujang meminta warga jangan lagi bertindak anarkis, karena bisa merugikan semua pihak. Terkait permintaan warga yang menuntut lahan tersebut dikembalikan ke warga. Cik Ujang berjanji bakal mengukur ulang lahan tersebut, agar terlihat titik masalahnya.

“Kalau punya surat-suratnya, Pemkab siap membantu menyelesaikan masalah ini. Kalau tidak punya surat, kita kesulitan karena menyalahi aturan,” sampainya.

Sementara, Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap meminta warga, jangan sampai bertindak anarkis apalagi merusak fasilitas, hingga kejar-kejaran dengan petugas BKSDA,  meskipun menuntut hak nya. Mengingat petugas BKSDA tersebut juga bekerja, menjalankan tugasnya.

Baca Juga :   Braaak! Honda Brio Ini Hantam Rumah Romlah

“Merusak fasilitas saja, ada hukum pasalnya. Kalau sampai terulang lagi, terpaksa kami bertindak tegas. Hargai polisi yang melakukan pengamanan. Apalagi Bupati Lahat, sudah berjanji mau memfasilitasi untuk pengukuran ulang,” tegas Ferry. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Bupati Askolani Lantik Empat CPNS Disabilitas

Pangkalan Balai, Detik Sumsel- Bupati Banyuasin H Askolani memberi ruang bagi para penyandang disabilitas untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *