Pemprov
Istimewa

Panwascam Martapura Gelar Rakor Pengawasan 

Martapura, Detik Sumsel — Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) serta seluruh Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di wilayah Kecamatan Martapura menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk Pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Turut hadir dalam Rakor ini, Camat Dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Martapura, Ormas, OKP, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta Sejumlah Komunitas yang ada di Kecamatan Martapura.

Output dari Rakor ini diharapkan dapat menghindari/mencegah terjadinya proses Pemilu dari berbagai bentuk kecurangan, manipulasi, permainan serta rekayasa yang dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu serta merugikan rakyat banyak yang tidak sesuai dengan aspirasi terbesar rakyat. Demikian di katakan Novri Hasan selaku Ketua Panwascam Martapura dalam sela-sela kegiatan Rakor ini, Jum’at (28/12). Di aula rumah makan siang malam.

Baca Juga :   Solid, Hanura Sumsel Dukung OSO

“Salah satu misi Bawaslu yakni mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat sipil. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi yang kuat antar Panwaslu peserta Pemilu dan Masyarakat. Sehingga ini mampu mencegah terjadinya politik pragmatis dan transaksional,” ucap Novri.

Selain itu menurut Novri tantangan besar yang di hadapi Panwaslu, membangun kesadaran politik masyarakat. Kesadaran masyarakat atas kedaulatan dalam proses demokrasi masih rendah.

“Pemicunya minim pengetahuan mengenai demokrasi, mengenai Pemilu dan pengawasan Pemilu. Diharapkan elemen masyarakat yang hadir ini mampu menerjemahkan atau membagi pemahaman – pemahaman apa yang telah di bahas dalam Rakor Pengawasan Partisipatif ini,” harapnya.(rdn)

Baca Juga :   Bela Teman, Yoga Tusuk Yansyah Hingga Tewas
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Eko Dedi Atmaja

Avatar

Check Also

Polres Muba, Lumpuhkan Perampok Sadis Antar Kabupaten dan Provinsi

Sekayu, Detik Sumsel – Jajaran Polres Musi Bayuasin berhasil meringkus salah satu dari komplotan perampok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *