Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Panggilan Gereja Melindungi HAM

Panggilan Gereja Melindungi HAM

Tanggal : Pukul :
305
0
Uskup Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso S.C.J.

Palembang, Detik Sumsel – Hari raya umat Kristiani yaitu perayaan Natal yang tinggal menghintung hari kini telah dinanti nanti, berbagai kesiapan telah dilakukan oleh Umat Kristiani dalam menyambut Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember setiap tahunnya.

Dijelaskan Uskup Agung Palembang, Mgr Aloysius Sudarso SCJ bahwa, setiap akhir tahun menjelang perayaan Natal, dirinya bersama para Uskup di 37 Keuskupan seluruh Indonesia adakan pertemuan melakukan studi ke Bandung guna merumuskan tema Natal.

Untuk di Tahun ini, dirinya bersama Uskup lainnya memutuskan bahwa, perayaan Natal Tahun akan bertema “Panggilan Gereja Melindungi Hak Azasi Manusia (HAM)”.

Menurut Uskup Agung Palembang, Mgr Aloysius Sudarso SCJ, dalam diskusi tersebut, pihaknya juga mengundang Pihak Komnas HAM dari Papua, Aceh serta daerah lainnya.

Dikatakannya, saat ini masih banyak warga negara Indonesia yang kurang mendapatkan HAM.

Baca Juga :   Promo Tak Tingkatkan Kunjungan Hotel

“Seperti contoh kasus Munir yang hingga kini belum diketahui perkembangan kasusnya. Hasil diskusi itu kita menyoroti HAM untuk Natal Tahun 2019, dari itu kita mengirim surat terbuka bagi para umat serta gereja Kristen lainnya, seperti Katolik maupun Protestan yang berisikan Tema Natal tahun ini untuk (PGKI) yang dirumuskan Kesatuan Keuskupan Indonesia,” ungkapnya, Selasa (18/12).

Uskup Agung Palembang juga menuturkan, bahwa perayaan Natal dipersiapkan dalam satu bulan Masa Adven (penantian) untuk mengolah hidup, memperbaharui, bertoubat, bersosial, memperbaiki diri dengan berkumpul untuk berdoa apa saja yang bisa diperbuat di dunia.

Dikatakannya, Perayaan Natal merupakan suatu perayaan dimana hari dimana Yesus Kristus dilahirkan atau kelahiran Yesus Kristus dan mempercayai Yesus bangkit dari kematian, mengalahkan kematian, mengalahkan dosa.

Baca Juga :   Hotel Adu Promo, Mall Perang Diskon

Masih dikatakannya, Allah yang menjelma sebagai manusia untuk menemani manusia dalam perjuangan hidup, anak kecil, muda dan dewasa karena tuhan peduli terhadap manusia

“Dari itu perayaan Natal bukan hanya perayaan pesta melainkan perayaan iman. Tuhan menghargai manusia, maka HAM diperjuangkan oleh Tuhan agar mendorong sesama kristiani untuk juga saling menghargai sesama kamu, bahkan seluruh umat beragama,” jelasnya.

Menurutnya, sebuah gereja bukan hanya kegiatan sembahyang, melainkan banyak hal yang bisa dilakukan. Lantaran banyak komisi digeraja yang mengedepankan pelayanan kepada umat, seperti komisi Sosial ekonomi, Pendidikan, kesehatan dan Iman serta Ibadah.

“Kita bekerjasama dengan Pemerintah membuat Pusat Rehabilitasi Narkoba di Podomoro KM 14 Kabupaten Banyuasin sejak 5 Tahun lalu dengan berbagai proses masalah rehabilitasi. Ini semata demi umat dan sebagai warga negara bermasyarakat,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here