Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Palsukan Akun Blogger Perusahaan Beton, Tiga Pelaku Penipuan Ini Raup Puluhan Juta

Palembang, Detik Sumsel — Dengan memalsukan akun dan blogger palsu atas nama PT Adymix Beton. Tiga pelaku penipuan masing – masing Salman Parisi (41), Teuku Darmastiawan (39) dan Samsuna berhasil menipu PT Andica Parsaktian Abadi hingga mengalami kerugian mencapai 86 juta.

Aksi ketiga nya terhenti setelah anggota Subdit III Jatanras Ditreskrium Polda Sumsel meringkus nya pada Selasa (18/9) di salah satu Ruko Jalan Tekno Widia BSD, Blok H, No 7 Tangerang Selatan, Banten.

Modus ketiga pelaku dalam menjalankan aksinya membuat email lalu memasukkan Blogger PT Adymix Beton untuk membuat iklan pemasaran beton curah dengan membuat PT Adymix Beton Palembang.

Untuk meyakinkan korban nya pelaku juga meng up load mobil molen dan memasukkan penawaran serta nomor handphone kepada calon korban.

Berdasarkan pengakuan Salman Parisi (41) yang jadi otak dalam kasus ini mengatakan aksi penipuan yang didalangi nya berawal dari ide teman lalu ia diajari membuat email dan Blogger palsu dengan modal laptop, handphone dan ATM.

“Setelah web nya selesai baru saya menyiapkan rekening dan kartu ATM dari berbagai macam bank semuanya itu saya dapatkan dari membeli dari warga keseluruhan nya 3,5 juta,”katanya saat dihadirkan pres rilis di Mapolda Sumsel Kamis (20/9).

Baca Juga :   Di Gagahi Bapak Tiri Hingga Hamil, ABG ini Lapor Polisi

Setelah semua nya, siap dua orang teman nya membantu mengangkat telpon jika ada calon korban yang menelpon.

“Sebenarnya ada 12 perusahaan yang memesan beton semen, tapi baru ada satu perusahaan yang telah mentransfer uang untuk membeli beton semen seharga 86 juta,”bebernya.

Lanjutnya, untuk dua orang temannya jika penipuan berhasil Salman memberikan uang sepuluh persen dari hasil yang didapatkan.

“Penipuan ini saya jalankan baru sekitar dua bulan. Dua teman saya itu saya tugaskan untuk mengangkat telpon calon korban jika berhasil mereka saya berikan bagian sepuluh persen,”jelas warga Aceh yang bermukim Perumahan Bukit Dagu, Bogor, Jawa Barat ini.

Lain halnya pengakuan Samsuna dirinya ditugaskan Salman sang otak pelaku hanya mengangkat telpon lalu ngobrol menawarkan beton korban setelah disepakati beton yang akan dibeli korban dirinya lalu menyuruh korban untuk mentransfer uang melalui rekening.

“Kalau ada yang menelpon saya angkat lalu saya menawarkan penjualan beton kepada korban itu saja pak, kalau uang saya dikasih delapan juta baru sekali saya terima uang dari Salman,”akunya.

Baca Juga :   Bupati Muara Enim Penerima Suap Proyek PUPR Divonis 5 Tahun Penjara

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel Kombes Pol Budi Suryanto menjelaskan modus ketiga pelaku dalam melancarkan aksi penipuan yakni dengan membuat akun palsu atas nama PT Adymix Beton. Lalu ketiga pelaku berpura pura menawarkan beton semen kepada salah satu perusahaan dikota Palembang.

“Setelah terjadi negosiasi akhirnya perusahaan memesan semen beton kepada PT Adymix Beton dan terjadi lah transaksi korban mentransfer uang sebesar 86 juta, namun setelah tiga hari barang yang dipesan tak kunjung datang,”katanya didampingi Kasubdit III Jatanras AKBP Yoga Baskara Jaya. 

Setelah ditelusuri oleh korban, ternyata PT Adymix Beton tidak ada di Palembang tapi berada di Tangerang sadar telah tertipu akhirnya korban melaporkan ke Polda Sumsel.

“Kuat dugaan pelaku sudah lama menjalankan aksi penipuan ini, karena adanya catatan dan barang bukti yang diamankan seperti laptop, rekening tabungan dan puluhan kartu ATM dari berbagai bank yang digunakan untuk menampung uang hasil penipuan,”pungkasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Plt Bupati Muara Enim H Juarsa SH saat bersaksi di Sidang OTT PUPR Muara Enim Di PN Klas 1 A khusus Tipikor Palembang, Selasa (20/10) Detik Sumsel.com, Putra

Bantah Terima Fee, Plt Bupati Muara Enim Mengaku Difitnah

Palembang, Detik Sumsel,- Setelah namanya disebut beberapa saksi dipersidangan lalu,  Plt Bupati Mauara Enim H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *