Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Ekonomi Palembang dan Lubuk Linggau Jadi Acuan Inflasi

Palembang dan Lubuk Linggau Jadi Acuan Inflasi

Tanggal : Pukul :
464
0
Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsi saat Workshop Kehumasan bersama awak media, di Kantor BPS Sumsel, Rabu (21/11).

Palembang, Detik Sumsel – Kota Palembang dan Lubuklinggau sejauh ini masih menjadi acuan bagi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan untuk penentuan inflasi di Sumsel.

Tapi tidak menutup kemungkinan ke depan ada beberapa kota, seperti Prabumulih dan Baturaja yang akan jadi kota inflasi baru. Dua daerah ini dianggap bisa menjadi kota inflasi setelah Palembang dan Lubuklinggau, karena memiliki potensi yang besar sebagai acuan lumbung pangan.

Namun untuk menjadi kota inflasi tidaklah mudah, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya sisi sosial dan ekonomi yang harus dipenuhi. Selain itu penambahan kota inflasi tergantung dari kebijakan dan analisa pusat.

‚ÄúSudah ada contohnya penambahan kota inflasi seperti di Jawa Tengah yang semula empat kota menjadi enam, yakni Kudus dan Cilacap,” kata Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsi saat Workshop Kehumasan bersama awak media, di kantor BPS Sumsel, Rabu (21/11).

Sejauh ini Palembang dan Lubuklinggau masih mencukupi dan masih mengakomodir untuk menjadi daerah patokan inflasi. Karena dari sisi sosial, ekonomi dan surpai biaya hidup kedua kota ini memenuhi standarisasi yang ditetapkan BPS pusat.

Kegiatan workshop ini juga membahas berbagai agenda secara detail, misalnya cara kerja BPS mengumpulkan data yang kemudian dirilis rutin setiap bulan atau diposting ke website BPS Sumsel. Workshop ini mengundang Humas Pemprov Sumsel juga sejumlah awak media.

BPS sejauh ini memiliki peran penting mengenai data dan perannya dalam merumuskan dan memperoleh data tersebut. Sejauh ini data yang dihasilkan BPS masih menjadi patokan data yang real, karena data yang dikumpulkan dari lapangan langsung dan tidak bisa dimanipulasi demi kepentingan pihak tertentu. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here