Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Maulid Nabi Muhammad SAW
Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kepala KUA Kecamatan Lahat, Khairul Saleh Alwi Sag MM.

P3N Bakal Kembali Diaktifkan Kembali

Lahat, Detik Sumsel — Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, memastikan akan mengaktifkan kembali tugas Pembantu Pegawai Pencatatan Nikah (P3N).

Hal ini rupanya ditanggapi baik oleh masyarakat Lahat. Mengingat tidak semua kecamatan di Kabupaten Lahat, memiliki Kantor Urusan Agama. Masyarakat pun terpaksa harus rela mengantri untuk dinikahkan.

“Sangat setuju dengan program pak gubernur. Selama ini kalau mau menikah harus daftar tanggal dulu di KUA, alasannya karna penghulunya hanya sedikit,” ujar Nardo (32) warga Kota Lahat, Jumat (9/11).

Baca Juga :   Polres Lahat Serukan Tolak Kekerasan

Sambut baik juga diutarakan oleh Kepala KUA Kecamatan Lahat, Khairul Saleh Alwi Sag MM, terbatasnya jumlah penghulu hanya 27 orang se Kabupaten lahat, membuat pihaknya sering mendapat complain dari masyarakat. Padahal rata-rata ada 80 pasang calon pengantin yang ingin dinikahkan.

“Untuk Kota Lahat saja hanya ada empat penghulu, imbaskan kita sering dicomplain masyarakat. Apalagi saat musim permintaan menikah meningkat,” ujar Khairul Saleh Alwi Sag MM.

Khairul Saleh membeberkan, untuk tahun 2017 saja, angka pemintaan pernikahan mencapai 1.029 pasang.Tahun 2018 hingga November ini mencapai 847 pasang catin. Keberadaan P3N memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk masyarakat yang berada di pelosok desa.

Baca Juga :   Tanpa Pemberitahuan PDAM Tirta Lematang Naikan Tagihan Air

“Kita nurut saja putusan dari atas. Jika sudah ada keputusan, mungkin akan dilaksanakan rekrutmen ulang untuk khatib. Yang jelas mungkin bakal lebih banyak yang menikah,”bebernya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Perusahaan Wajib Lapor Keluar Masuk Karyawan

Lahat, Detik Sumsel — Perusahaan batubara rupanya masih jadi klaster terbesar, penyumbang pasien terkonfirmasi positif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda