Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Optimis Program Bedah Rumah di OKU Selesai Tepat Waktu

Optimis Program Bedah Rumah di OKU Selesai Tepat Waktu

Tanggal : Pukul :
381
0
Sekdin PU Perkim OKU Hasan HD

Baturaja, Detik Sumsel — Dinas PU Perkim Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) optimis proses pembangunan fisik program bedah rumah tak layak huni (RTLH) bisa selesai tepat waktu sebelum tahun 2019 berakhir. “Saat ini proses pembangunan sedang berjalan,” kata Kepala Dinas PU Perkim Aulia melalui Sekdin PU Perkim Hasan HD, Kamis (22/8).

Dikatakan Hasan, ada sekitar 445 unit RTLH yang dibedah tahun ini, jumlah tersebut terdiri dari, 100 unit rumah dianggarkan dari APBD OKU tahun 2019. 100 RTLH ini lanjutnya di Kelurahan Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur  dan Kelurahan Tanjung Agung kecamatan Baturaja Barat.

Kemudian 250 unit rumah dianggarkan di APBN melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Untuk tahun ini proyeksi program ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Lengkiti. “Sifatnya stimulan, mereka yang menerima bantuan sudah harus ada modal awal lebih dulu sebagai syarat awal, seperti pasir, koral, atap. dan lainnya,”imbuhnya

Selain itu 95 unit RTLH dibangun dari dana alokasi khusus (DAK) di kelurahan Talang Jawa dan Kelurahan Kemalaraja, saat ini persentase pembangunan fisik RTLH dari dana DAK baru 20 persen. “Sedangkan RTLH dari APBD sekitar 90 persen, dan APBN sudah berjalan sekitar 60 persen,” ungkapnya.

Meski demikian dikatakan Hasan, pihaknya tetap optimis dapat menyelesaikan program ini tepat waktu sebelum tahun 2019 berakhir, “Optimis insyllah selesai tahun ini,” pungkasnya. (fei)

 

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here