Detik
Suasana disela sidang Paripurna di Gedung DPRD Lahat. Foto Heru/DS

Optimalkan Pendapatan Daerah, Ini yang Dilakukan Cik Ujang

Lahat, Detik Sumsel — Guna memaksimalkan kontribusi untuk peningkatan pendapatan daerah. Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Aset Daerah, rencananya bakal dipecah menjadi. Nama barunya nanti yakni, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lahat.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH membenarkan, adanya pergantian nama dan penambahan instansi nomenkelatur dari Badan Keuangan Daerah (BKD). Namun saat ini, rencana itu masih digodok ditingkat DPRD Lahat. Tujuannya untuk membantu mendongkrak PAD, dengan mempengaruhi penambahan angka di anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kedepannya.

Baca Juga :   Wako Prabumulih Ajak Warga Ramaikan Porprov XII

“Betul, kalau tidak ada aral melintang, dalam waktu dekat akan kita pecah. Kita lihat kalau masih tergabung di BKD, pemasukan belum optimal,” jawab Cik Ujang, disela usi Rapat Paripurna di gedung DPRD Lahat, Senin (17/6).

Lanjut Cik Ujang, hal ini dilakukan bercermin dari kabupaten/kota se Sumatera Selatan (Sumsel), yang telah memberlakukan hal tersebut. Sehingga pendapatan dari sektor daerah yang sudah ada, mampu ditingkatkan dan dicarikan sumber-sumber lainnya.

“Dengan sudah terpecah, saya yakin pasti memberikan pendapatan ke kas daerah,” ujarnya.

Baca Juga :   Polres OKU Gelar Simulasi Pengaman TPS

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Lahat, Wiwin Andaini SE mengemukakan, untuk nomenkelatur BKD sejauh ini dalam tahap pengodokan di badan legislatif (Banleg). Setelah itu rancangannya akan dibawa ke Kemendagri.

“Nah, disana akan didiskusikan kembali, item-item mana saja mesti dimasukkan atau dihapus, agar tidak menyalahi ketentuan. Barulah dibawa ke sidang paripurna istimewa DPRD guna disahkan,” jelasnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Aniaya Bocah, Oknum Jaksa di Lahat Dipolisikan

Lahat, Detik Sumsel – Salah satu oknum anggota Kejaksaan Negeri Lahat kembali berulah. Kali ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *