Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Cik Ujang Bakal Bangun Rumah Sakit Baru

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Cik Ujang Bakal Bangun Rumah Sakit Baru

Tanggal : Pukul :
259
0
Bupati/Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang/H Haryanto saat meninjau lokasi rencana pembangunan rumah sakit pratama type D. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Janji akan mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lahat, nampaknya bukan hanya sekedar ucapan dari Bupati Lahat, Cik Ujang SH. Pasalnya sebentar lagi masyarakat di Kecamatan Tanjung Tebat, Lahat dan sekitarnya, tidak perlu jauh lagi jika ingin berobat. Rumah sakit Pratama type D, bakal dibuat untuk melayani kesehatan masyarakat.

“Ini jelas kabar gembira bagi masyarakat kita. Jadi nanti tidak perlu lagi jauh-jauh berobat menuju RSUD Lahat,” ujar Cik Ujang, Selasa (11/6), di Pendopoan rumah dinas Bupati Lahat.

Rencananya, lokasi pembangunan berada di kawasan Unit Pembibitan dan Pembinaan, Dinas Pertanian Lahat, Desa Muara Danau Kecamatan Tanjung Tebat, Lahat. Lokasi tersebut dipilih karena persis di Jalan Lintas, Lahat – Pagaralam. Sangat strategis, karena bisa dijangkau warga di beberapa Kecamatan yang ada di sekitar rumah sakit. Seperti Pagar Gunung, Kota Agung, Tanjung Tebat, Gumay Ulu, Mulam Ulu, Mulak Sebingkai dan lainya.

“Lahan yang disiapkan seluas 5 hektar. Rencana pembangunanya tahun depan (2020). Dananya berasal dari APBD Provinsi, ditambah dari APBD, seperti untuk aset tanah, DED, dan mobilernya,” sampainya.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Februari lalu saat kunjungan ke Kabupaten Lahat. Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM memang berencana akan membantu pembangunan rumah sakit (RS) pratama di Kabupaten Lahat. Bantuan ini sebagai bentuk penghargaan bagi Pemkab Lahat, lantaran sudah UHC (Universal Health Coverage). Warga miskin dan mendekati miskin di Kabupaten Lahat ditanggung Pemda Lahat melalui BPJS Kesehatan.

“Kita patut berterima kasih pada Pak Gubernur,  yang sudah banyak memberikan bantuan untuk masyarakat Lahat,” ucap Cik Ujang. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here