Pemerintah Sumatera Selatan
ACT GLOBAL QURBAN
Beranda Liputan Khusus Ojol dan Taksol Ngetem, Picu Kemacetan

Ojol dan Taksol Ngetem, Picu Kemacetan

Tanggal : Pukul :
799
0
Kemacetan di Jl Jenderal Sudirman akibat dari taksi online ngetem.

Palembang, Detik Sumsel- Transportasi online saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat Palembang. Beberapa perusahaan terus berupaya mengembangkan usaha transportasi online ini, salah satunya dengan menambah jumlah mitranya.

Sayangnya, jumlah mitra yang terus bertambah ini semakin memperparah kemacetan di beberapa titik. Salah satunya di Jl Angkatan 45 tepat di depan Palembang Square (PS) Mall. Upaya jalur satu arah (one way) yang diterapkan sejak beberapa waktu lama, nyatanya tak efektif mengurai kemacetan.

Sebelumnya, alternatif one way dinilai berhasil mengurangi kemacetan di ruas jalan ini. Sayangnya, sejak semakin banyaknya penggemar transportasi online, kemacetan kembali terjadi, bahkan semakin parah di waktu tertentu.

Tak hanya di depan PS Mall, beberapa titik lainnya yang juga terpantau macet akibat transportasi online, yakni di depan PTC Mall Jl R Sukamto, Jl Jenderal Sudirman depan SMAN 3 dan Kampus UIN Raden Fatah, hingga di depan MTsN 1 depan taman Makam Pahlawan.

Baca Juga :   Bakal Kembangkan Fitur Keamanan Driver

 

Tampak ojol yang sedang ngetem dan menunggu penumpang di kampus UIN Raden Fatah Palembang. (Foto: Bara/Detik Sumsel)

Sejumlah kawasan ini selalu menjadi langganan ngetem mitra transportasi online, baik mengantar maupun mengambil orderan.

Menanggapi hal tersebut para driver tersebut memiliki alasan yang beragam mengapa mereka mangkal di kawasan tersebut. Salah satunya Ade (23), driver ojol yang sering mangkal di kawasan SMAN 3 Palembang. Dirinya mengaku mangkal di daerah tersebut karena ramai dan banyak bertemu rekan sesama driver.

“Kalau di keramaian kan nanti yang order dekat sehingga cepat dapat orderannya, selain itu sambil nunggu bisa sambil nongkrong bareng yang lain,” katanya saat dibincangi Detik Sumsel.

Ade menambahkan, selain cepat dapat orderan, biasanya saat dapat penumpang jarak yang di tempuh pun tidak terlalu jauh.

Baca Juga :   Gerakan Satu Gelas Beras, Cara Ojol Bantu Pekerja Harian

“Kebanyakan mereka juga yang pesan jarak tempuhnya juga tidak terlalu jauh. Sebenarnya yang jadi penyebab kemacetan sih bukan hanya dari kendaraan kami yang parkir, tapi mobil yang keluar masuk ke sekolahan juga bikin macet,” jelasnya.

 

Terpisah, Hafiz (35) salah satu ojol yang mangkal di kawasan PS Mall, mengaku mengambil orderan di kawasan tersebut hanya sekedar istirahat sejenak sambil menunggu order lainnya.

“Sebenarnya memang banyak yang order cuma lama baru dapat karena banyak yang mangkal, jadi ya sambil nunggu bisa santai sambil ngobrol bareng kawan, kalau mau keliling itu males mas, udah keliling-keliling masih belum dapat order. Biasanya disini jam-jam ramai itu saat istirahat makan siang, dan sore saat pulang kerja,” tandasnya.(Bra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here