Sinyal Duet Anies - AHY di Pilpres 2024 , AHY Ingin Mengusung Pasangan Perubahan dan Perbaikan

- Sabtu, 17 September 2022 | 14:10 WIB
Duet Anies - AHY Pilpres 2024. (Instagram)
Duet Anies - AHY Pilpres 2024. (Instagram)

Jakarta,DetikSumsel.com -  Hingga saat ini belum ada partai politik yang secara resmi mendeklarasikan calon yang akan diusungkan pada Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survei lembaga survei,sejumlah tokoh dinilai memiliki peluang besar berduet di Pilpres 2024 mendatang.

Salah satunya duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yughoyono (AHY) untuk pemilihan Presiden (Pipres) 2024.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic),Ahmad Khoirul Umam menuturkan bila terwujud duet Anies Baswedan dan AHY maka ada tiga dukungan dari tiga politikus senior yang berpengaruh.

" Ketiganya adalah Susilo Bambang Yudhoyo, Jusuf Kalla dan Surya Paloh," katanya.

Dikatakan Umam dukungan parpol untuk Anies - AHY cukup kuat. Bila partai demokrat membentuk koalisi , dengan  partai keadilan Sejahtera  (PKS) dan partai Nasdem maka akan terwujud dukungan untuk Anies - AHY.

Untuk jumlah total kursi Parlemen yang dimiliki oleh ketiga parpol saat membentuk koalisi menjadi yang terbesar dengan persentase 28,50 persen.

" Terdiri dari Nasdem 59 kursi,Demokrat dengan 54 kursi dn PKS yang punya 50 kursi," ujarnya.

Dengan itu, artinya Anies - AHY bisa memiliki bakal mesin politik yang prima dan kompetitif dalam pertarungan Pilpres 2024.

Di sisi lain, Umam memandang Partai Demokrat hampir pasti melirik Anies untuk menemani AHY pada pertarungan Pilpres 2024.

Pasalnya, Demokrat ingin mencari sosok yang mempresentasikan perubahan dan perbaikan dalam mencalonkan Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkanbl AHY saat rapimnas Demokrat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (16/9/2022).

Halaman:

Editor: welly

Tags

Terkini

X