Pemprov
Kepala Laboraturium Dinkes Lahat, Joko Kadarminto mengecek ruang mesin PCR. Foto Istimewa.

Musim Penghujan, Stop Tes Swab

Lahat, Detik Sumsel- Musim penghujan melanda Kabupaten Lahat dua minggu terakhir, rupanya berdampak pada pemeriksaan swab Covid-19. Pasalnya pihak Dinas Kesehatan Lahat tidak ingin ambil resiko, pada tingginya tingkat paparan covid-19 dimusim penghujan ini.

“Tes swab tidak boleh saat hujan dan malam hari, kecuali di ruangan yang sudah dilakukan sterilisasi,” kata Joko Kadarminto SKM MKes, Kepala Laboraturium Dinkes Lahat, Selasa (26/1).

Joko menambahkan, dua larangan itu bukan tanpa alasan, mengingat saat kondisi penghujan tingkat paparan Covid-19 lebih tinggi. Hal ini jelas bisa membahayakan petugas medis, karena yang diperiksa belum diketahui positif atau tidak terpapar covid-19.

Baca Juga :   Sangat Baik, Pelayanan Publik Muba Terima Penghargaan Kemenpan-RB

“Jika cuaca hujan, atau sedang tidak ada matahari, jadwal tes swab Covid-19 akan kita atur kembali. Setiap yang akan di tes swab, kita anjurkan untuk berjemur terlebih dulu,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan tes swab di Dinkes Lahat dilakukan dari pukul 09.00 wib-11.30 wib. Kemudian dilanjutkan pukul 12.30 wib-15.00 wib. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Gubernur Sumsel Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Bupati OKU

Baturaja, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru memimpin upacara pelepasan jenazah Bupati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *