Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Rendi/Detik Sumsel - Salah satu toko emas di kawasan Pasar Dempo Kota Pagaralam.

Musim Kopi, Pembelian Emas Meningkat

* Meskipun Harga Naik-Turun

Pagaralam, Detik Sumsel – Di masa pandemi Covid-19 yang masih terus berkelanjutan, membuat beberapa sektor perekonomian tidak stabil bahkan cenderung menurun. Namun hal ini tidak berlaku untuk harga logam mulia atau emas.

Hal ini terbukti, harga emas perhiasan 24 karat di Kota Pagaralam, pada awal bulan Agustus 2020 mengalami kenaikan mencapai harga Rp 6 juta per suku.

Namun di pertengahan bulan Agustus ini harga emas mengalami penurunan, namun tidak signifikan yaitu masih di harga Rp 5,8 juta per sukunya.

Salah seorang pemilik toko emas perhiasan di kawasan Pasar Dempo Permai Pagaralam Partomo (50) mengatakan, naik turunnya harga logam mulia tersebut bisa jadi disebabkan pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di pasar internasional.

“Warga di sini sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi, ternak, dan sayuran, sehingga ketika harga komoditas andalan itu di pasaran meningkat, seperti biasa permintaan emas perhiasan juga ikut melonjak,” ujarnya, Kamis (13/8).

Seperti tahun-tahun sebelumnya bila harga kopi dan beras naik, daya beli warga di Kota Pagaralam dan sekitarnya itu dengan logam mulai berbagai jenis seperti kalung, gelang, cincin dan anting-anting ikut meningkat.

“Khusus di Kota Pagaralam, sejak harga emas perhiasan turun walau sedikit, baik yang membeli maupun menjual kembali perhiasan simpanan, tampaknya seimbang karena harga berbagai komoditas andalan tersebut juga naik,” kata dia.

Namun yang jelas, sekarang di Pagaralam banyak warga melakukan pernikahan, sehingga membuat permintaan emas perhiasan meningkat meskipun harga tinggi.

“Memang di satu sisi penjual yang untung, tapi bagi masyarakat membutuhkan terutama untuk membayar mas kawin saat pernikahan keluarga tentunya sangat memberatkan karena membutuhkan tidak sedikit antara lima hingga sepuluh suku,” ungkap Rico, salah satu warga Pagaralam. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Lagi, Pemkab OKI Distribusikan BLT DD Rp900.000

Kayuagung, Detik Sumsel — Pemerintah kembali menunjukkan komitmennya terhadap masyarakat dengan memberikan bantuan. Kali ini, ditengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *