Detik
Istimewa

Mulya Jaya OKI Dinobatkan Desa Terbaik Pengelolaan DD di Sumsel

Kayuagung, Detik Sumsel — Desa Mulya Jaya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi desa terbaik dalam pengelolaan dana desa (DD) se Sumsel tahun 2018 oleh Kementrian Keuangan melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel.

Desa Mulya Jaya OKI menduduki peringkat pertama dengan kinerja terbaik dan good governance pengelolaan DD TA 2018 bersama 14 desa lainnya di Provinsi Sumsel.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPB) Sumsel, Tauhid menyatakan, bahwa 14 desa ini dipandang prospektif sebagai penyelenggara good governance dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2018.

“Untuk itu, sebagi stimulus kami berikan penghargaan,” ujar Tauhid pada acara Penyerahan DIPA petikan, daftar alokasi transfer ke daerah dan DD tahun 2019 di Palembang, belum lama ini.

Tauhid menjelaskan realisasi anggaran belanja transfer ke daerah dan DD tahun 2018 per 14 Desember telah capai Rp 27,74 Triliun atau 97,09 persen dari pagu transfer sebesar Rp 28,57 triliun.

Baca Juga :   Bupati OKI Instruksikan Penerima Bansos Diumumkan ke Publik

Kepala Dinas PMD, Hj Nursula SSos, dihubungi Kamis (20/12) mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian terhadap penggunaan DD antara lain mulai dari tertib administrasi penyaluran administrasi perencanaan tingkat desa (RPJMDesa), RKPDesa, APBDesa progres pelaksanaan pembangunan ditingkat desa dan pelaporan penatausahaan keuangan desa.

Dia berharap, dengan diraihnya penghargaan ini dapat memotivasi desa lain yang ada di OKI dan lebih meningkatkan kinerjanya dalam hal penyusunan administrasi pelaporan dan penatausahaan keuangan desa tepat waktu dan progres pembangunan ditingkat desa dapat dirasakan masyarakat yang bersumber dari kebutuhan desa tersebut.

“Ini sejalan dengan program pak Bupati OKI yakni membangun OKI dari desa,” tutur Nursula.

Menurut dia, DPMD OKI terus berupaya dalam usaha memberikan pelayanan kepada aparatur desa agar penyerapan anggaran desa dapat berjalan dengan baik, benar dan tepat sasaran.

”Tentunya tugas penting kita saat ini adalah memberikan pendampingan agar penyaluran dana desa dapat berjalan dengan maksimal,” jelasnya.

Baca Juga :   Bupati OKI Apresiasi Program Jaksa Sahabat Desa

Sementara itu, Bupati OKI, H Iskandar SE menambahkan bahwa dirinya mengapresiasi atas penilaian Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel yang telah menetapkan Kabupaten OKI sebagai pengelola DD dengan kinerja terbaik 1 TA 2018 se Provinsi Sumsel.

Bupati OKI berharap penghargaan ini akan membuat Pemkab OKI makin termotivasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi terhadap kinerja aparatur terkait, baik itu dari tingkat desa maupun OPD.

“Tentunya kita mengapresiasi kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel karena Kabupaten OKI dinilai sebagai Terbaik 1 dalam Kinerja Pelaksanaan DD TA 2018 se Sumsel. Kita juga mengapresiasi atas kerja keras aparatur mulai dari tingkat desa hingga OPD yang bekerja keras memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat melalui pembangunan sarana prasarana serta penyaluran DD yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Darfian Mahar Jaya

Avatar

Check Also

Pasal Upah, Pasutri Asal Empat Lawang Dibantai

Lahat, Detik Sumsel — Nasib naas dialami Zakani (55) dan Nur Aini (50) warga Pasar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *