Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Palembang Modifikasi Trainset LRT Palembang ke Delapan

Modifikasi Trainset LRT Palembang ke Delapan

Tanggal : Pukul :
1097
0
Dirut PT Inka Budi Noviantoro menjelaskan produksi kereta api pesanan Banglades saat media visit di Madiun
Dirut PT Inka Budi Noviantoro menjelaskan produksi kereta api pesanan Banglades saat media visit di Madiun.

Madiun, Detik Sumsel- Rangkaian kereta light rapid transit (LRT) Palembang ke-delapan sudah memasuki tahap finishing pembuatan oleh PT Inka (Persero) di Madiun. Dijadwalkan, trainset terakhir ini akan dikirim bulan Desember nanti ke Palembang.

“Trainset ke-delapan tinggal proses pengetesan statis, ditimbang, belokan, pengetasan air. Awal Desember akan kita kirim ke Palembang sesuai kontrak,” kata Dirut PT Inka Budi Noviantoro kepada wartawan saat media visit PT INKA (Persero) di Madiun, Rabu (2/10).

Dikatakan Budi, trainset kedelapan ini sudah dimodifikasi hasil evaluasi dari tujuh rangkaian yang sebelumnya. Modifikasi seperti mekanikal di pintu menggunakan teknologi terbaru agar sensornya tidak terlalu sensitif.

“Tidak ada evaluasi yang signifikan dari yang sebelumnya, memang ada beberapa yang dimodifikasi, seperti sensor di pintu agar tidak terlalu sensitif karena sedikit saja sudah terbuka, bahaya. Yang sebelumnya juga dilakukan modifikasi, sama,” tuturnya.

Masih menurut Budi, keberhasilan dari pembuatan LRT di Palembang dan Jakarta, kini PT Inka sebagai satu-satunya perusahaan manufacture kereta api di Asia Tenggara mulai dipercaya pasar luar negeri. Bahkan kini sudah bersaing dengan Cina, Jepang dan Korea.

“Untuk LRT, kita masuk pasar Myanmar, Vietnam dan Srilangka. Sistemnya paket dengan PT KAI (Persero), Waskita dan PT Len Industri (Persero). Termasuk pembiayaan, operasi, pemeliharaan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ditambahkan, saat ini juga PT Inka dalam penyelesaian kontrak pembuatan kereta pesanan negara Banglades dan Filipina. Dalam penjajakan juga negara Afrika Senegal dan Benua Amerika, Mexico.

“Kalau dalam negeri pesanan KAI sebanyak 438 tahun ini selesai, kemarin sudah selesai pesanan untuk bandara Minangkabau, Bandara Solo. Juga pesanan terbaru pesan 20 kereta berpenggerak,” ungkapnya. (Buy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here