Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Warga ketika mendatangi area kerja PT BSS. Foto Heru/DS

Minta Warga Sekitar Tambang Dipekerjakan

Lahat, Detik Sumsel — Kesal lantaran pihak perusahaan tidak menepati janjinya, yang akan memperkerjakan warga desa. Sekitar 100 masa merupakan warga Desa Muara Maung, Keban Agung, Telantang, dan Desa Merapi, Kecamatan Merapi Barat. Datangi area kerja PT Bina Sarana Sukses (PT BSS).

Masa menuntut pihak PT BSS, Subcon PT MAS, salah satu perusahaan batubara. Untuk secara terbuka menjalani perjanjian, terkait jatah kuota tenaga kerja di PT BSS, yang berasal dari warga desa di ring 1 perusahaan.

“Sudah sering kita tanya, perekrutan rupanya sudah dilakukan di bulan September hingga Desember 2018 lalu. Sedangkan perekrutan sendiri dilakukan secara diam-diam,”ujar Dadang, perwakilan warga Desa Muara Maung, Senin (21/1).

Baca Juga :   Danlanud SMH Melantik 34 Anggota Baru Saka Dirgantara

Sementara, Feriyadi, perwakilan warga Desa Merapi mengatakan, warga di desanya tidak mau hanya sebagai penonton saja. Hanya melihat perusahaan menghabisi lahan disekitar area desa. Tanpa ada timbal balik ke warga desa.

“Perusahaan juga berkewajiban memperhatikan masyarakat sekitar. Untuk itu, perusahaan jangan berpatokan dengan ijazah saja untuk rekrutmen karyawan, tanpa melihat keterampilan,”katanya.

Disisi lain, Horas, perwakilan PT BSS menerangkan, dirinya tidak bisa menunjukkan data pegawai, mengingat itu dokumen perusahaan. Secara pribadi, dirinya setuju jika harus merekrut warga desa, karena cost pengeluaran akan kecil dari pada mempekerjakan orang dari luar.

Baca Juga :   14 Komunitas Musik Bakal Meriahkan Hari Musik

“‎Aspirasi tetap kami terima. Karena ada tenggat waktu terkait hasil tambang, sehingga tidak ada kesempatan untuk seleksi bagi warga sekitar,” terangnya.

Pertemuan warga dengan pihak perusahaan, akhirnya selesai sekitar pukul 13.00 WIB. Pertemuan dilanjutkan kembali Senin mendatang, membahas hasil keputusan perusahaan terkait rekruitmen warga empat desa tersebut. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Hadiri Puncak Hari Santri Nasional, HD Minta Santri Manfaatkan Teknologi

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru meminta para santri di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *