Gran Fondo

Minat Baca Masyarakat Berkurang

Lahat, Detik Sumsel — Kemajuan teknologi diakui kian mempermudah masyarakat mendapatkan informasi. Sayangnya hal ini mala berdampak bagi Perpustakan Daerah Lahat. Pasalnya saat ini minat baca masyarakat yang berkunjung ke Perpustakaan Daerah, terasa mulai berkurang.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah, Kabupaten Lahat, Alfa Edison SP tak menampik pernyataan itu. Karena itu pihaknya kini terus gencar melakukan berbagai cara, berupaya menarik kembali minat baca dan kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Seperti menggalakkan pelajar, untuk datang ke perpustakaan.

“Minat baca masyarakat kita, beberapa bulan terakhir ini mulai berkurang. Sangat terasa di kita. Selain internet, faktor lain bisa jadi karena minimnya pengarang buku baru,” ujar Alfa Edison, Minggu (16/9).

Baca Juga :   ACT Sukses Salurkan Rp1,6 Miliar Donasi Masyarakat Sumsel ke Sulteng

Lanjutnya, pihaknya juga terus secara rutin menjalankan program perpustakaan keliling, mencoba mengembangkan perpustakaan desa, dan memberikan layanan perpustakaan masuk ke Lapas Kelas II A Lahat. Sedangkan untuk mengimbangi kemajuan teknologi, pihaknya sudah menyediakan perpustakaan digital, dengan lebih dari 100 judul buku elektronik.

“Ini sifatnya hanya untuk memberi rangsangan ke masyarakat. Untuk menarik minat baca dan kunjungan masyarakat ke perpustakaan,” ucapnya.

Sementara, Echi Rachmawati, salah satu pengunjung perpustakaan menuturkan, menurutnya minat baca masyarakat tidak sepenuhnya berkurang, hanya saja saat ini lebih mudah membaca melalui internet. Walaupun informasi yang didapat tidak selengkap yang ada di buku.

Baca Juga :   Pengesahan APBD Terlambat, Siapa yang Dirugikan?

“Mungkin karena masyarakat lebih senang mencari informasi lewat internet, jadinya kunjungan keperpustakan jadi berkurang. Kalau dulu ilmu itu ada di perpustakaan, saat ini ilmu sudah ada di tangan,” kata Echi. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Operasi di Selat Malaka Koopssus TNI Berhasil “Bebaskan” Sandera

Palembang, Detik Sumsel — Pasukan Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI bawah kendali Dankoopsus Mayjen TNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *