Gran Fondo
Mesin Combain Mudahkan Petani Memanen Padi
Dinas pertanian memperkenalkan mesin combain pemotong padi. Foto Istimewa

Mesin Combain Mudahkan Petani Memanen Padi 

Lahat, Detik Sumsel — Petani di Desa Pagarjati, Kecamatan Kikim Selatan, Lahat, kini bisa sedikit bersantai dan mengurangi biaya panen. Pasalnya saat ini, Pemkab Lahat telah memperkenalkan mesin combain pemotong padi modern, kepada para petani. Jadi petani tidak perlu lagi memanen secara manual, menggunakan celurit.

Kepala Dinas Pertanian Lahat, Ir Otong Heriadi mengatakan, jika sebelumnya petani panen bisa berhari-hari menggunakan celurit, ditambah juga harus membayar petani lain untuk membantu panen. Dengan mesin combain pemotong padi ini, untuk 80 hektar hanya memakan waktu 4 jam panen.

Baca Juga :   Ini Penyebab Harimau Turun Gunung Hingga Terkam Manusia

“Bukan hanya di Kikim Selatan saja, pastinya di kecamatan lainnya juga akan kita perkenalkan. Pemkab Lahat berharap, adanya perkembangan teknologi di sektor pertanian. Sehingga mempermudah dan meringankan bebab biaya petani,” kata Otong, Selasa (28/4).

Sementara, Camat Kikim Selatan, Pukatul Hadi SP Msi menuturkan, dengan kehadiran mesin combain ini, petani tidak perlu lagi menunggu hingga seharian selesai memotong padi. Penggunaan mesin combain ini, pertama kalinya, diperuntukkan panen raya.

“Selama ini banyak mesin-mesin pertanian sudah disalurkan ke petani. Tapi untuk pemotong padi, ini pertama kali dilaksanakan, kita optimis semuanya berjalan lancar,” tutur Otong. (Heru)

Baca Juga :   Ini Kata Terakhir Dian Pramana Putra
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Investasi Melebihi Target, OKI Diganjar Reward

Kayuagung, Detik Sumsel — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *