KPU Sumatera Selatan

Menulis Sudah Menjadi Lifestyle

0
260
Pemred Detik Sumsel, Abdul Malik Syafei MH saat menjadi narasumber dalam workshop jurnalistik, Jumat (26/10)

Palembang, Detik Sumsel– Dunia jurnalistik kini tidak lagi menjadi sebuah aktivitas ekslusif yang hanya bisa dilakukan oleh wartawan saja. Seiring perkembang teknologi dan informasi, kini setiap orang bisa menjadi jurnalis.

“Kini menulis berita sudah menjadi lifestyle,” kata Pemred Detik Sumsel, Abdul Malik Syafei MH saat menjadi narasumber dalam workshop jurnalistik yang digelar oleh Tinta Mahasiswa di Munaqosah Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang, Jum’at (26/10).

Dikatakan Malik, jurnalistik sudah berkembang bukan hanya menjadi keilmuan dan profesi saja. Semua orang kini dapat melaporkan setiap pristiwa dan informasinya dalam rangkaian tulisan maupun reporting.

“Zaman now banyak wadah untuk menulis, di akun medsos pun bisa menjadi alternatif media menulis. Media massa juga sudah menyedikan rubrik netizen atau citizen journalism bagi warga yang menulis berita selaian wartawan medianya,” ulasnya.

Baca Juga :   Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Melalui Seminar IT

Dosen jurnalistik di Fakultas Adab dan Humaniorah ini menambahkan, keterampilan menulis tidak lahir begitu saja. Butuh latihan yang terus menurus dan banyak membaca karena seorang penulis harus kaya bahasa untuk merangkai dan memilah kata. “Saya sangat apresiasi workshop jurnalistik ini sebagai langkah agar bisa menulis berita. Belum dikatakan zaman now atau millenial jika tidak bisa menulis,” sebutnya.

Masih menurut ketua MPII Sumsel ini, tips sederhana menulis dengan memahami 5 W (What, Where, When, Who, Why) dan 1 H (How). “Menulis berita harus sesuai dengan fakta dan data. Tidak boleh dicampur dengan opini dan harus konsisten. Nah, untuk mencapai konsisten ini harus ada wadah (media) penyalurnya, bagus sekali dengan kehadiran Tintamahasiswa.com,” paparnya.

Baca Juga :   Berikan Pemahaman Tentang Jurnalistik Melalui Seminar

Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Tinta Mahasiswa, Ade Destarahayu mengatakan, kegiatan ini ingin mengajak teman-teman untuk memahami lebih dalam ilmu jurnalis, baik tata cara penulisan, cara mempraktekannya langsung, serta aturan-aturan dalam jurnalis. “Alhamdulillah teman-teman antusias untuk kegiatan ini,” ungkap Ade.

Ia  berharap, workshop tersebut dapat terus berkelanjutan sehingga para mahasiswa yang memiliki keinginan untuk dapat menulis mampu benar-benar memahami terkait Ilmu Jurnalistik.

“Semoga Media Online Detik Sumsel tidak pernah bosan untuk terus membimbing kami, sehingga kami dapat lebih paham tentang ilmu Jurnalistik ini,” tukasnya. (Wira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here