KPU Sumatera Selatan

Menhub Bakal Beri Sanksi Tegas Lion Air

0
134
Foto: Net

Jakarta, Detik Sumsel- Teka-teki penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat masih terus dicari. Hasil investigasi penyebab kecelakaan pesawat ini akan menentukan sanksi untuk maskapai Lion Air.

“Saya akan buat keputusan berupa penalti ke Lion Air. Sanksi baru bisa dilakukan setelah kita tahu apakah kesalahannya itu karena manajemen, pesawat, kru, atau SOP,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi menjelaskan sanksi ini juga akan menyasar delapan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 yang masih dilakukan pemeriksaan. Selain Lion Air, maskapai Garuda juga menjadi atensi Menhub untuk diberikan sanksi.

Baca Juga :   FA Mendakwa Mou Bersalah, Sanksi Menanti

“Dari segi perhubungan, kemarin kami sudah melayangkan surat kepada Lion Air dan kepada Garuda untuk melakukan inspeksi terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8 berkaitan dengan beberapa klarifikasi,” ucapnya.

“Klarifikasi ini akan kami simpulkan dan akan kami sampaikan kepada KNKT dan ini akan menjadi dasar bagi KNKT untuk menetapkan apa penyebab dari kejadian tersebut,” imbuh dia.

Pesawat Lion Air JT-610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) kemarin. Pesawat berpenumpang 189 orang ini jatuh usai 13 menit take off dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.20 WIB. Pesawat ini sedianya tiba di Bandara Pangkal Pinang pada pukul 07.20 WIB.

Baca Juga :   Pemuda Asal Lubuk Linggau Jadi Korban Kecelakaan Lion Air JT 610

Hingga saat ini sudah ada 24 kantong jenazah yang sudah berada di dermaga JICT dan kemudian dibawa ke RS Polri. Tim DVI Polri masih melakukan identifikasi. Sementara tim Basarnas masih terus berusaha untuk mencari korban di perairan Tanjung Karawang lokasi jatuhnya pesawat JT-610.(net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here