Beranda Refleksi Mengembalikan Peran Strategis Pertanian Sumsel

Mengembalikan Peran Strategis Pertanian Sumsel

Tanggal : Pukul :
225
0
Mengembalikan Peran Strategis Pertanian Sumsel - Sarjan Tahir
Mengembalikan Peran Strategis Pertanian Sumsel - Sarjan Tahir

TANGGAL 24 September adalah hari petani, bukan hari biasa-biasa saja, dimana kita harus mengingat kembali betapa pentingnya peran sektor pertanian dalam berbagai aspek. Bukan sekedar tentang pemenuhan pangan masyarakat luas saja, namun yang lebih jauh daripada itu adalah bahwa sektor pertanian mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional khususnya Sumsel.

Kita ketahui Selama beberapa dasawarsa sektor pertanian menjadi sektor utama bagi pembangunan daerah dan nasional. Bahkan dimasa kirisis ekonomi 1997 – 1998, sektor pertanian satu-satunya sektor yang menjadi penyelamat perekonomian Indonesia dimana agribisnis memiliki pertumbuhan yang positif.

Namun, sejak tahun 2014 sektor pertanian Sumsel dalam keadaan terpuruk, harga komoditi terutama karet dan sawit anjlok. Kehidupan petani Sumselpun pun menjadi terpuruk.

Baca Juga :   Penghidupan Berkelanjutan Pasca Tambang Bagi Masyarakat di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim

Untuk itulah, perlu langkah strategis yang harus dilakukan pemerintah Sumsel secara konsisten, selain menjalankan kebijakan UUPA yang mengatur tentang hak-hak dan kewajiban kaum tani, mengatur hak atas tanah, hak atas sumber-sumber agraria untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya, adalah memberikan anggaran yang lebih besar ke pedesaan khususnya sektor pertanian, diversifikasi komoditas, menyediakan pasar, menjaga level harga di petani, membangun sektor hulu, mempermudah birokrasi pengolahan sektor hulu dan industri pertanian.

Momentum hari petani ini, perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh di kabupaten/kota di Provinsi Sumsel secara adil merata upaya peningkatan perbaikan infrastruktur pertanian, Penguatan kelembagaan petani, Penguatan kelembagaan kelompok tani, revitalisasi penyuluhan pertanian, fasilitasi pembiayaan pertanian dengan membentuk bank pertanian yang memberikan kemudahan akses pada petani untuk mendapatkan pinjaman juga membentuk asuransi pertanian, pengembangan pasar dan pemasaran hasil pertanian.

Baca Juga :   Narkoba Ciptakan Generasi Kriminal

Selamat Hari Tani Nasional ! Mari rayakan hari kebesaran kita sebagai seorang petani, Mari kita teriakan dengan lantang Selamat Hari Tani Nasional ! Sejahtera Petani Sumsel! Jaya Pertanian Sumsel… Amiin.

*Penulis adalah Dirut Patani yang juga Bakal Calon Gubernur Sumsel periode 2018-2023 dari Partai Demokrat.

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here