Pemerintah Sumatera Selatan
Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Ekonomi Mau Gadai Sertifikat Rumah dan Lahan? ke Pegadaian Saja

Mau Gadai Sertifikat Rumah dan Lahan? ke Pegadaian Saja

Tanggal : Pukul :
1753
0
Suasana pelayanan di kantor Pegadaian (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel – PT. Pegadaian saat ini tidak hanya menerima gadai emas dan kendaraan saja pasalnya perusahaan yang memiliki takline mengatasi masalah tanpa masalah ini juga menerima sertifikat rumah dan lahan untuk digadaikan.

Menurut Vice Presiden Pegadaian area Palembang, HM Aris Suroso mengatakan, saat ini bisnis usaha Pegadaian bervariasi sehingga masyarakat diberikan banyak pilihan mulai dari gadai,  tabungan emas, tabungan haji dan yang terbaru gadai sertifkat sudah bisa di Pegadaian.

“Gadai sertifikat rumah dan lahan ini sudah kita layani sejak dua bulan , jadi masyarakat yang butuh dana bisa mengadaikan sertifkat, dan gadai ini diperuntukan untuk modal usaha,” ungkapnya.

Namun untuk mengadaikan rumah dan lahan, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi karena sertifikat yang digadaikan baik bangunan dan tanah atau lahan yang produktif seperti sawah, perkebunan dan lainnya.

Kemudian, layanan ini diperuntukan untuk seluruh kalangan baik wirausaha, pengusaha, petani, TNI, Polri, pensiunan, pegawai swasta, BUMN dan lainnya.

Lalu sertifikat yang digadaikan adalah hak milik (SHM) atas nama suami atau suami. Sedangkan untuk tanah masih di miliki oleh orang banyak (waris) pun bisa dengan catatan seluruh mengetahui, menyetujui dengan mendatangi dokumen.

“Proses gadai juga cukup mudah. Setelah dokumen lengkap, maka tim akan segera survei. Kalau tidak ada masalah tiga hari cair dan maksimal 7 hari sebab tim harus survei kelapangan,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk pinjaman maksimal Rp200 juga dengan bunga 1 persen dan tenor maksimal 5 tahun serta bunga tetap. Sedangkan untuk angsuran sangat fleksibel, bisa setiap bulan atau periode sesuai kemampuan.

Aris menambahkan untuk dana yang diperlukan sebagai modal usaha pertanian, maka nasabah bisa mengangsur 3 bulan sekali atau 6 bulan bahkan satu tahun dan sekaligus setelah panen atau ada hasil.

“Kami sangat fleksibel sebab keberadaan gadai sertifikat ini untuk membantu masyarakat,” katanya.

Dan sampai sejauh ini keberadaan gadai terbaru sangat direspon positif karena meskipun belum lama sudah ada Rp1,2 miliar yang terserap dari target Rp 5 miliar pada tahun ini.

“Tentunya gadai ini akan memberikan banyak pilihan kepada masyarakat dan diminati karena banyak keunggulannya seperti bunga ringan dan fleksibel,” bebernya. (May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here