Beranda Ekonomi Maskapai Nilai Kenaikan Tarif Kargo Wajar

Maskapai Nilai Kenaikan Tarif Kargo Wajar

Tanggal : Pukul :
111
0
Suasana bandara saat pengecekan kargo. (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel – Kenaikan harga tarif kargo oleh sejumlah maskapai penerbangan yang saat ini terjadi dinilai wajar. Sebab sudah hampir 10 tahun maskapai belum pernah menaikkan tarif kargo.

General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang, Wahyudi mengatakan, kenaikan tarif kargo bukan hanya diterapkan pihaknya, tetapi juga oleh semua maskapai.

“Selama ini kargo hanya mendukung layanan saja tapi nyatanya kargo bisa dimaksimalkan sebagai income maskapai sehingga ada kenaikan sejak tahun lalu,” kata Wahyudi, ketika dihubungi via telepon, Jumat (11/01).

Baca Juga :   Kurangi Pencemaran Lingkungan, 90 Nelayan Dapat Konverter Kit

Wahyudi menambahkan, Kenaikan tarif kargo Garuda dari semula Rp 3.500 menjadi Rp 6 ribu per kilogram.

Selain itu layanan kargo lebih murah dibanding layanan perusahaan kurir karena kargo adalah layanan bandara ke bandara, sementara perusahaan ekspedisi adalah layanan door to door sehingga jelas ada perbedaan tarif pengiriman.

Dia menambahkan, selain karena maskapai sudah lama tidak menaikkan tarif, faktor yang juga menyebabkan maskapai menaikan tarif kargo karena naiknya harga avtur.

Baca Juga :   Mulai 8 Februari, Citilink Ikut Terapkan Tarif Bagasi

Avtur menjadi penyumbang terbesar biaya penerbangan yang ditambah biaya operasional lainnya.

“Jadi kita juga jelaskan dengan Asperindo kenaikan tarif ini kebijakan pemerintah pusat bukan kebijakan saya pribadi dan ini juga dilakukan maskapai lain jadi kita sudah duduk bersama memberikan penjelasannya dan mereka juga mengerti,” katanya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here