Pemprov
Jalannya Reses Tahap I DPRD Dapil III di Kecamatan Pagaralam Utara

Masih Gunakan Data Lama, DPRD Minta Dinsos Segera Perbaiki Data Penerima Bansos

Pagaralam, Detik Sumsel- Masih banyaknya data penerima bansos yang sudah tidak sesuai ditahun 2020 lalu, yanh berimbas adanya warga yang tidak berhak menerima masih mendapat bantuan Bansos tersebut.

Membuat di awal tahun 2021 masyarakat Kota Pagaralam meminta pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Sosial (Dinsos) untuk dapat memperbaikki data masyarakat yang berhak menjadi penerima Bantuan Sosial (Bansos) ditahun 2021 ini.

Hal ini terungkap dalam kegiatan reses DPRD Kota Pagaralam di Kantor Camat PAU, Senin (18/1), sejumlah RW menyampaikan keluhan terkait penerima bansos tersebut. Pasalnya dinilai ada beberapa yang sudah tidak layak masih menerima bantuan.

Dalam kesempatan ini, salah satu perwakilan RW di Kecamatan Pagaralam Utara yaitu Isnanto Ketua RW 02 Kelurahan Dempo Makmur, mngatakan jika terdapat masalah dilapangan pada saat mendata penerima bansos, seperti masalah yang dihadapi RW dan RT yaitu banyaknya masyarakat yang sudah tidak layak lagi mendapat Bansos tapi masih tetap dapat.

Baca Juga :   Berusaha Melawan, Pelaku Spesialis Curas Keok Didor Polisi

“Fakta dilapangan terdapat masyarakat yang pada 2015 memang berhak mendapat bansos namun saat ini sudah tidak layak lagi karena tidak lagi tergolong masyarakat miskin namun masih tetap dapat bansos sampai saat ini,”katanya.

Karena hal tersebut membuat banyak masyarakat yang padahal data yang baru sudah disampaikan oleh RW dan RT ke Pemkot namun tetap saja belum ada perubahan.

“Kami perangkat RT dan RW ini yang selalu disalahkan masyarakat. Padahal kami sudah mengusulkan bagi masyarakat yang layak namun tetap saja masyarakat yang lama menjadi penerima,” jelasnya.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pagaralam, Herawadi mengakui bahwa sampai saat ini pihak Kementrian Sosial masih menggunakan data tahun 2015. Hal ini membuat masih ada masyarakat yang tidak layak dan sudah meninggal masih terdata menjadi penerima bansos.

Baca Juga :   Edarkan Narkoba Dihari Lebaran, Maksiat Ditangkap

“Data yang digunakan pihak kementrian masih menggunakan data tahun 2015. Hal ini yang membuat ada beberapa penerima bansos yang sebenarnya sudah tidak layak namun masih menerima,” ujarnya.

Namun tahun ini pihak Dinsos Kota Pagaralam dengan melibatkan RT dan RW akan melakukan pendataan ulang masyarakat yang berhak menerima bansos.

“Kami menilai RT dan RW tahu siapa saja warganya yang berhak menerima untuk itu kami melibatkan mereka,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Pagaralam, Jenni Sandiyah meminta Dinsos segera melakukan perbaikkan data agar semua masyarakat yang layak menerima bansos bisa menerima bantuan tersebut.

“Kita minta Dinsos untuk memperbaiki data yang dianggap masalah tersebut, agar bantuan kedepan lebih tepat sasaran,” pungkasya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Goa Bergambar Kuba Masjid Buat Heboh Warga Pagaralam

Pagaralam, Detik Sumsel- Ditemukannya Goa yang didalamnya terdapat patung yang menyerupai tengkorak manusia kawasan Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *