Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Mantan Pejabat “Nyaleg”, ASN di Lahat Rawan Terlibat Politik Balas Budi

Mantan Pejabat “Nyaleg”, ASN di Lahat Rawan Terlibat Politik Balas Budi

Tanggal : Pukul :
434
0
Ketua Bawaslu Lahat, Andra Juarsyah. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Adanya sejumlah nama mantan pejabat di Kabupaten Lahat, yang ikut dalam pertarungan pemilihan legislatif (Caleg) 2019. Membuat pileg Lahat 2019 rawan akan ketidak netralan ASN, jajaran Pemkab Lahat. Hal ini tak lepas dari politik balas budi, terkait kedekatan masa kepemimpinan para elit pejabat ini sebelumnya.

Mantan pejabat yang ikut caleg diantaranya, Syaifuddin Aswari Rivai (mantan Bupati Lahat dua periode), dan Nasrun Aswari (mantan Sekda Lahat), yang mencalonkan diri di DPRD Provinsi Sumsel. Kemudian Harunata (mantan Bupati Lahat periode 1998 -2008), dan Mukti Sulaiman (mantan Sekda Sumsel), ikut dalam caleg DPR RI.

“Sah-sah saja kalau bersimpati, pada mantan pemimpinnya dahulu. Tapi ASN jangan sampai terlibat menjadi tim sukses, tim kampanye, bahkan mengupload di medsos agar memilih si caleg tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Lahat, Andra Juarsyah, Selasa (15/10).

Andra mengatakan, tidak bisa dipungkiri, dengan telah terciptanya kedekatan antara ASN dengan mantan pejabat ini. Potensi adanya oknum ASN yang mengedepankan unsur balas budi, pasti bakal ada. Buktinya di jejeraing sosial saja, sudah banyak terlihat ASN yang mengupload gambar, sembari menyuarakan,dan mengajak masyarakat memilih salah satu caleg.

“ASN, jaga netralitas. Paling tidak jangan terlibat kampanye, apalagi sampai menggunakan atribut ASN dan jabatan yang dimiliki untuk mengajak. Jika masih kedapatan, akan kita laporkan langsung ke Bupati. Biar bisa ditindaklanjuti oleh Insfektorat dan BKPSD, untuk memberikan sanksi,” ucapnya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here