Detik
Ilustrasi Uji Coba Vaksin

Macam-Macam Efek Samping saat Uji Klinis Vaksin Covid-19

Detik Sumsel- Pandemi virus corona hampir menemui titik terang, yaitu dengan ditemukannya vaksin Covid 19. Beberapa negara di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia sudah mulai membuat vaksin yang kini telah memasuki tahap uji klinis. Salah satu vaksin asal China, yaitu CoronaVac pun sedang melakukan uji klinis tahap 3 di Indonesia. 

Pada uji klinis tahap 3, para ilmuwan telah memberikan vaksin kepada ribuan sukarelawan dan menunggu untuk melihat berapa orang yang terinfeksi. Tujuan dari pemberian vaksin ini adalah untuk menilai keamanan vaksin pada sebagian besar orang. Uji vaksin ini memberikan efek samping yang bagi para relawan. Lalu, apa sajakah efek sampingnya? Simaklah ulasan berikut ini .

  1. Rasa Nyeri Di Area Suntikan

Pada uji coba vaksin CoronaVac yang melibatkan 1.620 relawan, dari penelitian yang dipublikasikan, ada reaksi lokal berupa nyeri di tempat suntikan  20 sampai 25 persen. Perihal reaksi lokal tersebut, Ketua Tim Penelitian Uji Klinis Tahap 3 Calon Vaksin Covid-19, Profesor Kusnandi Rusmil menambahkan bahwa nyeri bekas suntikan calon vaksin covid-19 tersebut akan hilang dengan sendirinya. Umumnya, rasa nyeri akan hilang dalam beberapa jam. Efek samping saat uji klinis hanya sebagian kecil relawan yang akan merasakan rasa nyeri sampai dua hari.

  1. Kemerahan Dan Bengkak Di Area Suntikan
Baca Juga :   Disdik OKU Sediakan Tempat Cuci Tangan  Dipinggir Jalan

Selain rasa nyeri di area suntikan, kemerahan dan bengkak juga dapat terjadi setelah pemberian vaksin. Ketua Tim Riset Vaksin, yaitu Profesor Kusnandi Rusmil mengatakan bahwa para relawan akan mengalami reaksi lokal pada area yang disuntik. Pada hasil uji klinis vaksin CoronaVac, kemerahan pada kulit akan diamati, kemudian bengkaknya pun akan diukur. Umumnya, bengkak pada area kulit akan hilang dalam waktu beberapa jam.

Ternyata, kulit bengkak setelah imunisasi merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh mulai membentuk kekebalan terhadap penyakit. Jadi, jika area yang telah disuntik mengalami gatal atau bengkak itu normal, kamu tidak perlu panik. Untuk meredakannya, kompres dingin area yang bengkak dan merah selama kurang lebih 10-20 menit. Bungkus kompres dingin dengan handuk atau kain agar tidak langsung menyentuh kulit. 

  1. Demam

Salah satu vaksin asal Amerika Serikat, yaitu Pfizer melaporkan tentang efek samping dari uji klinis vaksin Covid-19, yaitu gejala demam. Beberapa relawan termasuk anak-anak mengalami demam. Umumnya, demam yang terjadi akan dirasakan 24 jam setelah pemberian vaksin. Demam akan mereda dalam waktu 1-2 hari.

Selain itu, relawan pun bisa mengalami demam yang disertai dengan sakit kepala, kelelahan, nyeri otot atau menggigil yang akan hilang dalam beberapa hari saja.  Untuk mengatasinya, usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral. Jika seseorang mengalami reaksi demam dengan gejala berat setelah disuntikkan vaksin, maka akan diberi penanganan lebih lanjut oleh dokter dan petugas medis. 

  1. Reactogenik
Baca Juga :   Reino Barack Siapkan Istana untuk Syahrini

Reaktogenik merupakan reaksi ketidaknyamanan jangka pendek pada orang yang telah menerima vaksin saat uji klinis. Reaksi ketidaknyamanannya termasuk sakit kepala, nyeri lengan, kelelahan, menggigil, dan demam. Efek samping yang disebutkan tidak perlu dikhawatirkan karena bersifat sementara. Selain itu, efek samping tersebut adalah sinyal dari sistem kekebalan yang akan segera bekerja.

Dalam pemberian vaksin pasti akan ada efek samping, karena masuknya benda asing ke dalam tubuh. Namun semua efek samping itu berbeda pada tiap orang. Untuk mendapatkan informasi mengenai Vaksin Covid-19 dan perkembangan penanganan adanya wabah Corona ini bisa Anda peroleh melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fasilitas konsultasi dengan dokter bagi Anda yang memiliki keluhan kesehatan. Sehingga, tidak perlu keluar rumah. (Ril/Net)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Red

Avatar

Check Also

Susuri Sungai Musi, Lanal Palembang Bagikan Sembako dan Masker

Palembang, Detik Sumsel — Dengan menggunakan kapal cepat, personel TNI AL Lanal Palembang menyusuri perairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *