Iklan
Pemprov
Kondisi terakhir perkembangan APT yang disampaikan Ketua LPM pada acara FGD (Jum’at, 9/4/2021) masih masuk tahapan perpanjangan AK ke-3.

LPM Adakan Rapat Bersama Rektor dan Jajaran Pimpinan UIN RaFa

Palembang, Detik Sumsel- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah tujuan utama setiap instansi pendidikan dengan tanpa mengecualikan antara lembaga negeri atau swasta. Ranah Peguruan Tinggi (PT) memikul tanggungjawab yang lebih berat karena menyandang label “tinggi”.

Dimata masyarakat, penilaian yang muncul dari persepsi terkait pendidikan dasar, menengah, atas dan tinggi tentu berbeda. Peningkatan mutu lembaga pendidikan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, ruang pendidikan sebagai media pendewasaan, pembentukan karakter, mencerdaskan, dan mengembangkan skill individu selalu menghadapi tantangan alamiahnya.

Mulai dari problematika peserta didik, pemberdayaan SDM pengelola, relasi maupun kompetisi antar lembaga, tuntutan dunia kerja dan lain sebagainya, hal semacam itu menjadi motivasi tersendiri bagi setiap lembaga pendidikan yang ada. Kelulusan peserta didik, akreditasi penyelenggaraan pendidikan, serta kurikulum pendidikan merupakan bagian penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sumatera Selatan UIN Raden Fatah telah melakukan upaya dalam peningkatan mutu secara berkelanjutan dalam bentuk Akreditasi.

Melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), UIN Raden Fatah telah melakukan submit dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) berupa Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) pada Selasa, (23/3/2021).

Kondisi terakhir perkembangan APT yang disampaikan Ketua LPM pada acara FGD (Jum’at, 9/4/2021) masih masuk tahapan perpanjangan AK ke-3. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan setelah tiga minggu lebih dilakukan Submit, maka diadakan rapat Overview dokumen APT bersama unsur Pimpinan UIN Raden Fatah pada Senin (19/4/2021) bertempat di Ruang rapat Rektorat Kantor Pusat Administrasi Kampus B Jakabaring.

Baca Juga :   WEBINAR INTERNASIONAL KE-6 FUSHPI UIN RADEN FATAH DENGAN FSK UPSI MALAYSIA

Pada rapat kali ini juga dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Senat, Rektor, Para Wakil Rektor, Kepala Biro, Tim PUSTIPD, Tim LP2M, Jajaran Dekanat di Lingkungan UIN Raden Fatah, Ketua dan Sekretaris LPM, para Kepala Pusat beserta tim APT.

Rapat dibuka langsung oleh Ketua LPM Dr. Syahril Jamil, M.Ag dengan memaparkan beberapa penjelasan singkat terkait apa saja yang akan menjadi pembahasan pada rapat overview kali ini. “Sejauh ini LPM dan Tim APT sudah mengupayakan persiapan maksimal dengan memenuhi beberapa dokumen pendukung yang sudah ada dan sehubungan dengan belum tercapainya prodi yang terakreditasi unggul dan masih adanya beberapa prodi yang terakreditasi C, kita berharap pada tahun ini beberapa prodi tersebut dapat dilakukan re-akreditasi dengan tujuan agar tidak ada lagi prodi yang terakreditasi C di UIN Raden Fatah.” tambahnya.

Selanjutnya pemaparan tentang gambaran dokumen LED, LKPT, dan Jadwal Pelaksanaan AL Daring APT disampaikan oleh Indrawati S.S., M.Pd selaku sekretaris LPM. “ Untuk dokumen LED sendiri terdiri dari 3 (tiga) Bab diantaranya, Bab I yang mengjelaskan tentang Profile dan Kondisi Eksternal, Bab II menjelaskan tentang Kriteria 1 (satu) sampai 9 (sembilan) dengan disetiap kriterianya memiliki point survey kepuasan pengguna, dan Bab III membahas tentang Analisis dan Penetapan Program Pengembangan. Sedangkan untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) sudah tertuang di dalam Matriks BAN-PT bukan berasal dari kesimpulan sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada LPM beserta tim yang sudah berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan dokumen APT dan tentunya dibantu oleh jajaran pimpinan dan dekanat yang ada di lingkungan UIN sendiri. “Ini pekerjaan kita bersama dan hasilnya juga bersama, kalau memang ada langkah-langkah yang dapat dilakukan harus segera kita bantu dan selesaikan secara bersama-sama. Kami selaku pimpinan juga berharap untuk diberi catatan oleh LPM, apa saja yang harus dilakukan dalam beberapa bulan ini sebelum proses AL dan kepada Ketua Senat yang berkesempatan hadir kami juga mengharapkan doa dan dukungannya agar hasil yang di dapat nanti itulah yang terbaik.”

Baca Juga :   Rangkul Mahasiswa KKN Unpal

Tidak hanya itu, terkait re-akreditasi prodi yang disampaikan ketua LPM tadi, “mulai dari sekarang kita sudah bisa memilah prodi mana yang memang memungkinkan jika dikonfersi bisa berubah menjadi unggul (dilihat dari nilai yang tertinggi).” Tutupnya.

Senada dengan yang disampaikan Rektor, Ketua Senat UIN Raden Fatah Prof. Dr. H. Cholidi, MA menyampaikan rasa syukur karena sudah sampai dititik ini, karena ini adalah sebuah prestasi akan tetapi kita juga harus mengukur dari segi kemampuan masing-masing dan kita juga butuh keterlibatan secara bersama.

Dalam rangka persiapan kegiatan APT UIN Raden Fatah inilah, LPM juga telah mejadwalkan rapat lanjutan bersama Tim APT pada Rabu mendatang (21/04/2021) dan untuk selanjutnya akan dilaksanakan juga Simulasi Dokumen APT yang terbagi menjadi tiga tahapan yaitu, Simulasi Pertama bersama unsur Pimpinan UIN Raden Fatah, Simulasi kedua bersama unsur Pimpinan UIN Raden Fatah dan Tim APT, dan Simulasi ketiga bersama unsur Pimpinan UIN Raden Fatah dengan menghadirkan Asesor Eksternal yang akan dilaksanakan minggu ke empat bulan April 2021. (Rilis Humas UIN RaFa)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Wujudkan Laboratorium Terakreditasi, Gelar Review Revitalisasi

Palembang, Detik Sumsel- Pentingnya laboratorium pada Fakultas Sains dan Teknologi di setiap PTKIN pada kementerian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *