Pemprov
Fenomena La Nina diperkirakan terus berkembang mencapai intensitas moderat pada akhir 2020 dan mulai meluruh pada Januari-Febuari 2021.

Lima Kecamatan di Pagaralam Rawan Bencana

Pagaralam, Detik Sumsel- Memasuki musim penghujan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya di tahun sedang terjadi iklim Anomali La Nina yang bisa mengakibatkan cuaca Ekstrem berupa hujan deras yang disertai angin kencang dan petir dalam periode sepekan ke depan.

Dengan memasuki iklim anomali La Nina tersebut Badan Metereologi, Klimotologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan dampak La Nina. Fenomena La Nina diperkirakan terus berkembang mencapai intensitas moderat pada akhir 2020 dan mulai meluruh pada Januari-Febuari 2021.

Terkait hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam telah memetakan wilayah di Kota Pagaralam yang rawan bencana. Bahkan dari hasil pemetahan seluruh Kecamatan di Pagaralam sangat rawan bencana.

Baca Juga :   KKN di Desa Pamah, Mahasiswa STIE Serelo Bantu Petani Pasarkan Cabe

Kepala BPBD Pagaralam, Patriot A Mundra melalui Sekretarisnya, Herdensi mengatakan, bahwa seluruh wilayah yang ada dilima kecamatan di Pagaralam rawan bencana.

“Jika dari hasil pemetaan yang kami lakukan semua wilayah di Pagaralam rawan bencana mulai dari tanah longsor, banjir bandang hingga banjir bandang,” ujarnya, Selasa (24/11).

Namun dari lima kecamatan ada tiga kecamatan yang terpeta sangat rawan terkena becana dari Gunung Api Dempo (GAD) jika terjadi erupsi merapi dempo.

“Tiga kecamatan yang sangat rawan bencana erupsi merapi dempo yaitu Pagaralam Utara, Pagaralam Selatan dan Dempo Utara. Hal ini disebabkan ketiga kecamatan ini beberapa wilayahnya berada dibawah kaki Gunung Dempo,”jelasnya.

Baca Juga :   Foto : Tunanetra Salurkan Hak Suara

Terkait hal ini BPBD Pagaralam meminta masyarakat Pagaralam untuk waspada selama musim penghujan ini. Pasalnya potensi bencana lebih rawan mulai dari tanah longsor, banjir bandang hingga puting beliung.

“Kami menghimbau masyarakat yang berada dikawasan perbukitan dan ditepi sungai untuk lebih waspada selama musim penghujan ini,”pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Ditembak Polisi, Pembobol Konter HP Ini Berjalan Terpincang – pincang

Palembang, Detik Sumsel — Hendra Suwandi alias Ujang (32) warga Jalan Pangeran Ratu Lorong Family …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *